Unik, Masyarakat Tionghoa Peduli Gelar Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI Multietnis di Bandung

Agus Warsudi
Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang dihadiri warga multietnis, ras, dan agama berlangsung di SMA Citra Cemara Bandung. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Masyarakat Tionghoa Peduli (PMTP) menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di SMA Citra Cemara, Jalan Soekarbo-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (17/8/2024). Upacara yang digelar PSMTI ini unik karena dihadiri oleh warga multietnis, ras, dan agama.

Tampak hadir semua pemuka agama, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, maupun Kong Hu Cu. Mereka bersatu bersama dalam satu nama Indonesia.

Hadir pula dalam upacara itu, Direktur Pengembangan (Dirbang) Riset RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr Jonny, Koordinator Kegiatan Sosial PMTP sekaligus Ketua Harian Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) Djoni Toat, Koordinator MTP Herman, dan pengurus PMTP.

Pasukan pengibar bendera (paskibra) yang bertugas dalam upacara itu merupkan siswa-siswi SMA Citra Cemara, sekolah tiga bahasa yang mayoritas beretnis Tionghoa. Saat melaksanakan pengibaran bendera, mereka tampil memukau dengan langkah tegap dan suara aba-aba yang tegas. Brigjen TNI dr Jonny bertindak aebagai inspektur upacara.

Brigjen TNI dr Jonny mengatakan, upacara HUT Kemerdekaan RI yang dihadiri masyarakat lintas etnis ini melambangkan bahwa Indonesia merupakan negara multikultur. 

Banyak pula pahlawan dan veteran pejuang kemerdekaan dari etnis Tionghoa. "Artinya bangsa Indonesia dibangun oleh semua etnis yang ada di negara ini," kata Jonny. 

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network