WPMC 2024 Cari MUA Berbakat di Solo, Wakil Bandung Siap Berlaga di Grand Final Jakarta

Agus Warsudi
WPMC 2024 akan digelar di Solo sebagai kota terakhir. Puncaknya atau grand final digelar di Jakarta. (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) kompetisi pencarian MUA berbakat yang digelar ULTIMA II akan berakhir di Kota Solo pada 26 Agustus 2024. Ultima II mencari MUA berbakat di kota batik ini.

Para MUA Kota Solo akan menunjukkan bakat mereka di industri kecantikan ini yang akan dimulai pada 26 Agustus 2024. Selanjutnya, MUA yang menjadi juara di Kota Solo akan melaju ke grand final WPMC di Jakarta pada September 2024. 

Sebelumnya, WPMC 2024 telah memilih 10 MUA terbaik atau juara dari lima kota, yaitu, Bandung, Jakarta, Medan, Pekanbaru, dan Surabaya. Kesepuluh peserta terbaik itu juara dalam dua kategori, Traditional Bridal dan Commercial Look. 

General Manager Sales & Marketing ULTIMA II Sully Suharjo mengatakan, sebagai salah satu brand kecantikan yang telah berdiri dan dipercaya oleh berbagai generasi selama 65 tahun, ULTIMA II telah menunjukkan dedikasi terhadap dunia kecantikan di Indonesia.

ULTIMA II melahirkan produk berkualitas dan selalu menghadirkan berbagai inovasi. Selain itu, terus aktif dalam industri kecantikan, salah satunya dengan menggelar kompetisi WPMC 2024 di 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung, Surabaya, dan Solo.

“Kami sangat bersyukur melihat antusiasme para MUA yang berpartisipasi di WPMC tahun ini. Antusiasme itu menunjukkan banyak potensi dari setiap daerah yang dapat dikembangkan dan diberikan wadah untuk mereka mengekspresikan bakatnya," kata Sully Suharjo.

"Kami harap hadirnya WPMC ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para MUA sebagai peluang emas yang akan membawa mereka untuk memulai perjalanan karir profesional dan bisa memberikan kontribusi di industri kecantikan di Indonesia bahkan lebih dari itu,” ujar Sully.

Sully menuturkan, Jakarta kota pertama rangkaian WPMC 2024 yang diadakan di Atrium Metropolitan Mall Bekasi pada 24 Juni-7 Juli lalu. Kemudian, WPMC 2024 digelar di Atrium Medan Fair Kota Medan pada 22-28 Juli. 

Pekanbaru menjadi kota ketiga WPMC 2024 pada 29 Julil-4 Agustus di Atrium SKA Mall bersamaan dengan Bandung di Atrium Trans Studio Mall serta Surabaya menyusul pada 30 Juli-4 Agustus di Atrium Delta Plaza. 

"Solo menjadi kota terakhir WPMC 2024 yang akan diselenggarakan di Atrium Solo Square 26 Agustus-1 September 2024," tutur Sully.

Sebelum kompetisi dimulai, kata Sully, para peserta tersebut dibekali dengan arahan mengenai tahapan yang tepat hingga inspirasi look dari MUA profesional terlebih dahulu. 

Kemudian, para peserta diberikan waktu 45 menit dari mulai pembersihan hingga sentuhan akhir untuk menuangkan bakat seni dan kreativitas. Tidak hanya dipadukan dengan teknik riasan tetapi kesesuaian tampilan akhir dengan konsep dan tema yang diangkat setiap peserta atau MUA sesuai kategori masing-masing, yakni, Traditional Bridal dan Commercial Look.

Pada tahap local competition, dewan juri akan menilai para peserta berdasarkan bobot penilaian yang tidak hanya dalam pengerjaan dan hasil akhirnya, namun meliputi poin disiplin, detail, kombinasi warna, teknik, kreativitas, kesesuaian seluruh tampilan dengan tema kategori. 

Penilaian juga meliputi Fashion-Makeup-Hairdo yang terlihat sempurna dan rapi serta detail riasan wajah yang menyatu dengan keseluruhan tampilan.

“Setiap MUA perlu memiliki kemampuan secara teknik agar bisa terlihat berbeda dari yang lain namun tetap bisa menyesuaikan dengan tema yang diberikan meskipun dibekali dengan produk yang sama," kata Excel Devan, MUA Profesional yang juga juri kompetisi tingkat lokal WPMC 2024 di Bekasi.

"Para MUA juga harus bisa mengembangkan kreativitasnya melalui pemilihan model, tata rias, hair do maupun busana yang sesuai agar hasil akhirnya menggambarkan tema  secara keseluruhan sebagai satu kesatuan look yang ditampilkan. Untuk itu, kedua unsur itu memiliki bobot penilaian yang paling besar,” ujar Excel.

Yang menarik, peserta yang berpartisipasi di WPMC 2024 tidak hanya berasal dari kota penyelenggara saja dari berbagai kota penunjang di sekitarnya. Seperti, Bekasi, Bogor, Tangerang, Pandeglang, Yogyakarta hingga Malang.

Keikutsertaan mereka menambah kemeriahan dan nuansa kompetisi di ajang adu bakat yang juga menjadi wadah bagi para MUA untuk bisa melebarkan sayap di industri kecantikan ini.

Dari kelima kota tersebut, para juri telah memilih para pemenang yang akan mendapatkan total hadiah uang tunai sebesar Rp6,5 juta, produk ULTIMA II dan beauty tools untuk Juara 1 - 3 serta produk ULTIMA II dengan nilai Rp1 jt dan beauty tools untuk juara favorit di masing-masing kategori. 

Dari 5 kota penyelenggaraan WPMC 2024 sebelumnya, terdapat 10 peserta berhak melaju ke tahap Grand Final untuk bersaing memperebutkan posisi Grand Winner, Runner Up 1 & 2, Most Favorite 1 & 2 dan terakhir Top Instagram Vote.

Mereka akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya uang tunai total Rp 30 juta, produk ULTIMA II dan beauty tools total senilai puluhan jutaan rupiah, endorsement dan exposure di media yang dapat menaikan profil mereka. 

Pemenang dari masing-masing kota yang berhasil dan akan bertanding di Grand Final adalah Pawit Septyadi dan Billy mewakili Jakarta, Agung Saputra dan Mhd Harry Saputra mewakili Medan, Tesa Oktavia (Ecaglowmakeup)  dan  Amrina Yusra mewakili Pekanbaru, Surya Kencana Wedding (Tatang) dan Ahya Awal mewakili Bandung, serta Devita Andriani dan Hanny Mustika Rini mewakili Surabaya. 

“Jujur saya tidak menyangka bisa terpilih sebagai pemenang dan menjadi perwakilan kota Surabaya di Grand Final nanti karena melihat peserta lain yang tidak kalah hebat dari sisi ide, kreativitas dan teknik," Devita, Pemenang Juara 1 Kategori Traditional Bridal dari Surabaya.

"Terlepas dari itu, saya sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan yang luar biasa di WPMC 2024 ini. Saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan teknik terbaik dari para profesional serta memperluas jaringan di industri kecantikan. Harapannya semoga momen ini bisa menjadi batu loncatan saya untuk bisa menekuni karir profesional sebagai MUA,” ujar dia.
 
Bagi MUA yang tertarik, masih ada kesempatan untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang untuk mendapatkan ilmu serta memperluas jaringan di WPMC 2024. 

Untuk itu segera daftarkan diri di kota terakhir dengan memenuhi syarat dan ketentuan diantaranya telah berusia minimal 17 tahun, wajib membeli tiket senilai Rp200.000 serta melakukan pendaftaran melalui Beauty Advisor di semua counter ULTIMA II di Matahari Department Store (MDS), Metro Department Store, Sogo, Yogya, atau department store lainnya seperti Chandra, Star, Citrus, AEON, dan Rambla.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network