Launching Kampung Zakat dan Gebyar Khitanan Massal di Ponpes Al-Hilal Laziswaf

Adi Haryanto
Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Baznas KBB H.Saiful Rachman M.Ag saat menghadiri launching Kampung Zakat dan gebyar khitanan massal di Ponpes Al-Hilal Laziswaf, Selasa 27 Agustus 2024. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Baznas Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama Ponpes Al-Hilal Laziswaf menyelenggarakan launching Kampung Zakat dan khitanan massal.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian di bulan kemerdekaan dengan memerdekakan mustahik yang bertujuan untuk meringankan beban atau membantu penerima manfaat.

Agenda dilaksanakan Selasa 27 Agustus 2024 M bertepatan dengan tanggal 21 Shafar 1446 H berlokasi di Ponpes Al-Hilal yang beralamat di Jalan Bonceret RT 01/08 Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin.

Hadir dalam kegiatan Asda 1 mewakili Pj Bupati, Kemenag, Camat Cililin, Kades Rancapanggung, Ketua Pembina Yayasan Al-Hilal, tamu undangan lainnya dan peserta khitan massal sebanyak 150 anak.

Mereka berasal dari enam kecamatan di antaranya, Kecamatan Gununghalu, Rongga, Cipingkor, Sindangkerta, Cililin dan Kecamatan Cihampelas.

Di agenda pembukaan ada beberapa sambutan di antaranya disampaikan pembina Yayasan Al-Hilal, H. Nandang. Dia menyampaikan amanat perjuangan berdirinya Al-Hilal dan urgensi anak yatim penghafal Al-quran.

Camat Cililin Opa Mustopa menyampaikan terima kasih kepada Baznas KBB dan Ponpes Al-Hilal sebagai penyelenggara yang melaksanakan kegiatan di Cililin yang sangat membantu masyarakat.

Lalu Ketua Baznas KBB Drs Iing Nurdin menyampaikan, urgensi ZIS dalam rangka pemerataan program pendistribusian Baznas KBB.

Sementara sambutan dari Kepala Kemenag yang diwakili oleh H. Deden Syarip Hidayatullah, menyampaikan mengenai pemerataan ekonomi umat dalam rangka mengentaskan kemiskinan di wilayah terluar dan tertinggal di KBB.

"Adanya bantuan program Baznas KBB dan dengan adanya Kampung Zakat dapat memperkuat ZIS di masyarakat," tuturnya.

Sementara Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H.Saiful Rachman, M.Ag mengungkapkan, kegiatan launching Kampung Zakat ini diawali di Cililin dalam upaya membangun pondasi ZIS dari kampung dan meluas se-KBB.

Lebih lanjut Kang Eful menyampaikan kegiatan khitanan ini dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini pelaksanaanya digabung di kecamatan terdekat di beberapa titik. Kegiatan di Cililin ini titik ketiga khitanan massal yang sebelumnya di Ngamprah dan Cikalongwetan.

Kegiatan khitanan massal gratis ini direspons sangat baik oleh masyarakat sehingga menjadi kegiatan rutin tahunan, hal ini upaya meringankan dan membantu penerima manfaat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada muzaki dan mustahik, Ponpes Al-Hilal Ziswaf, Staf dan relawan Baznas, Pengurus UPZ, tim medis Dinkes, aparatur pemerintah desa dan pihak-pihak yang membantu dalam kegiatan ini, semoga menjadi amal kebaikan,"  ujarnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network