PT PAL Indonesia dan ITB Kerja Sama Cetak Generasi Maritim Unggul

Abbas Ibnu Assarani
CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod, menyampaikan kuliah umum pada kegiatan PAL Goes to Campus di ITB, Jum'at (04/10/2024). (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod mengatakan sinergi antara industri dan pendidikan diperlukan untuk mencetak generasi maritim yang unggul.

Untuk itu, PT PAL Indonesia bekerjasama dengan ITB. Kerja bersama tersebut, kata dia, sejalan dengan visi PT PAL Indonesia dalam membawa teknologi maritim terkini ke dunia nyata, di mana mahasiswa dan peneliti dapat berkontribusi pada pembangunan nasional.

"Kami tidak hanya mencetak talenta masa depan tetapi juga mempercepat inovasi maritim untuk kepentingan bangsa," kata Kaharuddin Djenod di Aula Timur Ganesha ITB, Jum'at (04/10/2024).

Menurut Kaharuddin perkembangan peradaban maritim tidak hanya berhenti pada mereka yang terkait di bidang maritim, namun juga membutuhkan keterlibatan multidisiplin ilmu. 

Ia pun mengajak civitas akademika dan mahasiswa ITB untuk bersama-sama mengambil langkah untuk memperkuat kembali potensi ekonomi dan kemandirian di sektor maritim. 

"Kini saatnya kita memanfaatkan potensi yang ada demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Mahasiswa harus memahami betapa pentingnya inovasi, dedikasi, dan penerapan teknologi, karena inilah yang akan mendorong kemajuan bangsa kita," serunya. 

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusuma dalam sambutan yang disampaikan oleh Direktur Penerapan Ilmu & Teknologi Multidisiplin ITB Prof. Ir. Taufan Marhaendrajana menyampaikan kolaborasi antara institusi pendidikan seperti ITB dengan perusahaan maritim seperti PT PAL sangat penting dalam mendorong riset dan inovasi. 

Ia juga menambahkan bahwa program-program studi yang fokus pada kelautan, teknologi maritim, dan pertahanan menjadi kunci untuk mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang maritim.

"Melalui acara ini kami berharap agar menjadi tindak lanjut dari berbagai kolaborasi strategis di masa depan antara ITB dan PT PAL," terang Taufan Marhaendrajana. 

Kehadiran PT PAL di ITB merupakan rangkaian dari kegiatan PAL Goes to Campus yang sudah digelar di beberapa kampus ternama, yakni Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 

PAL goes to Campus juga menghadirkan kuliah umum tentang Kebangkitan Peradaban Maritim Indonesia oleh CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod, pameran mini, dan bimbingan karir di PT PAL Indonesia. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network