Kemitraan Amerika Serikat-Indonesia Bangun Tenaga Kerja Digital Kuat Masa Depan

Agus Warsudi
USAID dan ASU melalui program HEPI menggelar STEMCON 2024. (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - United States Agency for International Development (USAID) dan Arizona State University (ASU) melalui Program Higher Education Partnership Initiative (HEPI), menggelar Konferensi STEM 2024 (STEMCON) di Jakarta. 

Konferensi  tersebut mempertemukan ratusan pemimpin di sektor pendidikan tinggi, industri, dan pemerintahan dari Indonesia, Amerika Serikat, dan seluruh negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). 

Dalam konferensi itu, para delegasi melakukan dialog strategis, sesi pleno, dan teknis interaktif, diskusi panel, kesempatan berjejaring, pameran, dan seminar.

“Kemajuan kecerdasan buatan dan meningkatnya frekuensi ancaman siber menggarisbawahi pentingnya kebutuhan akan tenaga kerja digital kuat,” kata Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen.

“USAID berkomitmen untuk mendukung kemitraan pendidikan tinggi di Indonesia guna mempersiapkan generasi tenaga kerja masa depan untuk mengatasi pentingnya hal ini," ujar Jeff Cohen.

Konferensi STEMCON bertajuk “Inovasi pada Persimpangan Pendidikan Tinggi STEM, AI, Keamanan Siber, dan Keberlanjutan: Membentuk Tenaga Kerja Masa Depan Indonesia” itu bertujuan sebagai katalis untuk kolaborasi lintas negara dan inovasi dalam bidang-bidang penting saat ini. 

Sesi-sesi konferensi diisi oleh pembicara dari Amerika Serikat dan Indonesia yang menekankan perlunya pendekatan pengembangan tenaga kerja yang komprehensif dan memanfaatkan kemitraan antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan tinggi. 

Kolaborasi ini bertujuan menciptakan solusi inovatif dan berskala besar guna mengatasi kesenjangan tenaga kerja saat ini dan di masa depan khususnya di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

“Dengan terus melakukan dialog dan kerja sama, kita bersama-sama bekerja untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan pendidikan STEM, dan menciptakan kemitraan berdampak dan berkelanjutan di berbagai sektor,” kata Direktur USAID HEPI Indonesia, Arizona State University, Abdul Rahman.

Tentang HEPI USAID

Dalam kolaborasi dengan USAID Indonesia dan Arizona State University, HEPI memperkuat kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia untuk meningkatkan pendidikan tinggi STEM. 

Kemitraan ini menyatukan universitas, pemerintah, dan industri. HEPI mengembangkan kurikulum relevan dengan industri, mencapai akreditasi internasional, dan meningkatkan pengakuan kredit antara institusi di Amerika Serikat dan Indonesia. 

Selain itu, HEPI USAID mendukung lebih dari 30 lembaga pendidikan tinggi Indonesia, HEPI menangani tantangan di bidang STEM dan mempersiapkan lulusan untuk memenuhi kebutuhan industri melalui peningkatan metode dan praktik pengajaran, sehingga memastikan lulusan siap bekerja di industri.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network