Jasa Tirta II Siap Sinergikan Fokus Kementerian BUMN

Aga Gustiana
Jasa Tirta II

PURWAKARTA, iNewsBandungraya.id - Jasa Tirta II mengadakan Rapat Kerja untuk pembahasan Rencana Komunikasi Perusahaan sepanjang tahun 2025 bersama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Rapat kerja yang dihadiri Dewan Pengawas, Dewan Direksi, perwakilan seluruh unit kerja dan unit usaha Jasa Tirta II itu berlangsung di Ballroom Jatiluhur Valley Resort, Purwakarta (12/2). Sementara perwakilan Kementerian BUMN yang hadir pada rapat kerja tersebut adalah Tenaga Ahli Bidang Komunikasi Internal Staf Khusus Menteri BUMN Kementerian BUMN, Dian Safitri, beserta jajaran yang mendampingi.

Pada kesempatan tersebut, Dian mengapresiasi tindak lanjut yang dilakukan Jasa Tirta II terkait komitmen untuk memperkuat strategi komunikasi perusahaan, baik eksternal maupun internal, dengan memastikan pesan tersampaikan secara efektif dan akurat, serta meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi dinamika komunikasi perusahaan ke depan. Apresiasi tersebut terkait 8 tema turunan yang sudah dipersiapkan Jasa Tirta II untuk mengamplifikasi tema atau fokus Kementerian BUMN dalam mendukung Asta Cita Pemerintah Prabowo - Gibran.

“Fokus pada dampak besar apa yang Jasa Tirta II berikan kepada rakyat. Komunikasikan peran Jasa Tirta II sebagai BUMN yang berperan penuh dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia yang berdampak kepada rakyat,” ujar Dian.

8 tema komunikasi yang menjadi keunggulan Jasa Tirta II pada 2025 ini adalah:

1. Jasa Tirta II Memperkuat Fondasi Ketahanan Air Nasional melalui Hilirisasi Pengelolaan SDA Berkelanjutan

2. Peran Aktif Jasa Tirta II dalam Mendorong Ketahanan Pangan Nasional melalui Pengelolaan SDA Berkelanjutan

3. Komitmen Jasa Tirta II Memperkuat dan mendukung Fondasi Ketahanan Energi Nasional melalui Hilirisasi Pengelolaan SDA Berkelanjutan

4. Langkah Strategis Jasa Tirta II Perkuat Infrastruktur Digital mendorong Efisiensi Operasional dalam Pengelolaan SDA

5. Kontribusi Nyata Jasa Tirta II Mendorong Keberlanjutan Proyek Strategis Nasional

6. Jasa Tirta II mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Program Pengembangan untuk Dorong Pemerataan Ekonomi

7. Pengembangan SDA berkelanjutan dengan Implementasi ESG

8. Pengembangan SDM Jasa Tirta II dalam mendukung pengelolaan SDA

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II, Indriyani Widiastuti, yang hadir memberikan sambutan mewakili Direktur Utama Jasa Tirta II mengatakan Jasa Tirta II siap bersinergi lebih baik lagi untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada rakyat, sehingga dapat menjalankan tugas dengan lebih efektif dan memberikan kontribusi nyata terhadap keberlanjutan pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Berbagai inisiatif dan langkah strategis senantiasa dilakukan dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air dan mendukung ketahanan pangan, air, dan energi.

“Kegiatan rapat ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus meningkatkan kolaborasi antar unit di dalam Jasa Tirta II, maupun koordinasi yang baik dengan Kementerian BUMN sejalan dengan arah komunikasi. Kami percaya bahwa dengan komunikasi yang baik dan kerja sama yang solid, kita dapat menjalankan tugas dengan lebih efektif dan memberikan kontribusi nyata atas peran Jasa Tirta II kepada rakyat,” kata Indri.

Jangan Kepleset Viral

Selain fokus pada pembahasan rencana kerja komunikasi bagi eksternal, Dian juga memfokuskan pada komunikasi internal. Dian mengingatkan agar insan Jasa Tirta II dapat selalu menjaga kehati-hatian dalam berkomunikasi dengan rakyat, utamanya di media sosial. Hal tersebut berlaku untuk seluruh pegawai tanpa memandang jabatan. Dian mengingatkan agar tidak kepleset viral seperti beberapa kasus viral di media sosial yang dilakukan pegawai di beberapa BUMN lain.

“Selalu jaga nama baik perusahaan, lebih luas lagi jaga nama baik BUMN. Jangan sampai tim Humas perusahaan menjadi pemadam kebakaran saat ada kasus viral yang menimpa pegawai, namun publik menggeneralisir itu mewakili BUMN, seperti kasus Dwi Citra Wenny dan Arie Febriant. Kedua kasus tersebut, yang satu jelas-jelas menggunakan seragam perusahaan, yang satu lagi tidak menggunakan seragam perusahaan namun tetap bisa ditemukan di mana dia bekerja,” tegas Dian.

Dian berharap melalui perencanaan kerja yang sudah disiapkan terkait komunikasi perusahaan, serta berpegang teguh pada value AKHLAK dari Kementerian BUMN dapat menjadi pegangan insan Jasa Tirta II dan juga perusahaan dalam memberikan ekspose terbaik ke media serta dampak peran serta perusahaan kepada rakyat. Tindak lanjut dari rapat kerja komunikasi dengan Kementerian BUMN ini juga diharapkan dapat menghasilkan berbagai luaran yang dapat memperkuat reputasi perusahaan serta meningkatkan kepercayaan rakyat terhadap peran Jasa Tirta II sebagai BUMN pengelola sumber daya air.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network