BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sebagai bagian dari komitmen memperkuat literasi, memperluas inklusi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proteksi keuangan sesuai prinsip syariah, Sun Life Indonesia bersama Bank Muamalat menggelar Bancassurance Week 2025 .
Bancassurance Week 2025 merupakan kampanye edukatif nasional untuk memperluas akses masyarakat terhadap perlindungan jiwa berbasis nilai syariah melalui rangkaian aktivasi di 27 cabang Bank Muamalat.
Program itu diselenggarakan secara serentak di 27 kantor cabang Bank Muamalat di berbagai kota di Indonesia. Kampanye ini mengedukasi masyarakat melalui pendekatan yang kolaboratif, interaktif, dan mudah diakses.
Presiden Direktur Sun Life Indonesia Albertus Wiroyo, mengatakan, tantangan literasi keuangan syariah masih sangat nyata. Berdasarkan survei terbaru Otororitas Jasa Keuangan (OJK) dan Biro Pusat Statistik (BPS) 2024, tingkat literasi keuangan syariah memang menunjukkan kenaikan signifikan dari 9 persen menjadi 39 persen.
"Angka ini masih tertinggal dibandingkan literasi keuangan umum yang telah mencapai 65 persen dan inklusi keuangan nasional sebesar 75 persen. Padahal, potensi pasar syariah terus berkembang," kata Albertus Wiroyo.
Aset industri keuangan syariah nasional, ujar Albertus, tumbuh mencapai Rp2,884 triliun per Desember 2024 dengan proyeksi pertumbuhan industri asuransi syariah sebesar 6–8 persen year on year (YoY) pada 2025.
“Kami percaya bahwa edukasi adalah pintu pertama menuju kemandirian finansial. Melalui Bancassurance Week 2025, kami ingin membawa edukasi itu langsung ke tengah masyarakat dengan cara yang menyenangkan, relevan, dan mudah diakses," ujarnya.
Albertus menuturkan, literasi yang belum merata sehingga program edukasi seperti ini sangat dibutuhkan. Di saat sama, potensi pasar asuransi syariah di Indonesia sangat besar.
"Program ini hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut dan membuka akses masyarakat terhadap proteksi berbasis nilai-nilai syariah,” tuturnya.
Dengan tema BERSINAR (Bersama Sun Life Makin Pintar, Makin Besar, Makin Lancar), Bancassurance Week 2025 menyentuh berbagai lapisan masyarakat.
Peningkatan kapabilitas tenaga pemasar bank, melalui pelatihan penyegaran dan konten edukatif interaktif seperti kuis harian dan kompetisi video.
Pengalaman nasabah yang lebih bermakna dan sesuai kebutuhan, melalui rangkaian kegiatan di cabang yang mencakup edukasi langsung, konsultasi perlindungan syariah, program spesial seperti kuis, hadiah harian, dan merchandise eksklusif.
Penguatan kolaborasi strategis, melalui kunjungan Manajemen Sun Life ke cabang Semarang, Surabaya, dan Makassar sebagai bentuk dukungan langsung terhadap inisiatif literasi di lapangan.
Tak hanya edukatif, kampanye ini juga memperkenalkan produk unggulan berbasis syariah, yaitu Asuransi Salam Hijrah Sejahtera (SAHAJA) yang kini dapat diakses secara langsung melalui customer service Bank Muamalat.
“Bagi kami, inklusi tidak mungkin terjadi tanpa edukasi. Bancassurance Week menjadi momentum penting bagi Bank Muamalat untuk memperkuat peran sebagai bank syariah yang aktif memberikan literasi finansial kepada nasabah," kata Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Imam Teguh Saptono.
Imam menyatakan, sinergi dengan Sun Life Indonesia sejalan dengan ikhtiar Bank Muamalat menjadi bank syariah yang memberikan solusi keuangan terbaik dan relevan bagi masyarakat Indonesia melalui produk-produk yang inovatif.
"Kemitraan strategis antara Sun Life dan Bank Muamalat dalam program ini mencerminkan sinergi yang kuat dalam mendorong pertumbuhan industri keuangan syariah di Indonesia," ujar Imam.
Inisiatif ini, tutur dia, bukan hanya bentuk komitmen terhadap pertumbuhan bisnis, tetapi juga kontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang lebih tangguh secara finansial dan spiritual.
Editor : Agus Warsudi
Artikel Terkait