Lewat Platfrom Digital, Cara Ninja Xpress Bantu Kembangkan Bisnis Pelaku UKM

Abbas Ibnu Assarani
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 16:33 WIB
Perusahaan jasa pengiriman barang berbasis teknologi, Ninja Xpress mendukung pemulihan aktivitas ekonomi nasional dan bangkitnya kembali UKM Kota Bandung pasca pandemi Covid-19. (Foto: Abbas)

BANDUNG, iNews id- Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. tak terkecuali UMK Kota Bandung. Upaya membantu agar pelaku UKM tersebut bangkit kembali pasca pandemi dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi perhatian semua pihak.

Perusahaan jasa pengiriman barang berbasis teknologi, Ninja Xpress mendukung pemulihan aktivitas ekonomi nasional dan bangkitnya kembali UKM Kota Bandung pasca pandemi Covid-19.

"Ninja Xpress berkomitmen membantu para UMK yang terdampak pandemi Covid-19 untuk lebih maju dalam mengemban bisnis usahanya," kata, Head of PR, Ninja Xpress Ribka Pratiwi, di Bandung, Kamis (23/6/2022).

Salah satu dukungnya adalah Ninja Xpress lakukan percepatan digitalisasi UKM Kota Bandung melalui berbagai program pengembangan UKM dan layanan customized solutions di Creative Hub. 

"Upaya tersebut telah membantu para UKM meningkatkan penjualannya dengan cara beralih ke platform digital sehingga lebih dari 1.500 UKM telah mengirimkan produknya melalui Creative Hub di Bandung," 

Menurutnya,digitalisasi menjadi jawaban atas tantangan tersebut, namun tidak semua UKM langsung siap untuk beralih ke digital. Selain adaptasi sumber daya untuk melakukan penjualan ke digital, pemasaran digital membutuhkan modal yang cukup besar. 

"Maka dari itu, Ninja Xpress terobsesi membantu percepatan digitalisasi UKM melalui Creative Hub kami di Kota Bandung,“ ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, sekitar 58.263 UKM Jawa Barat terdampak pandemi. Khusus di Kota Bandung, hampir 90% UKM Bandung mengalami dampak buruk pandemi, salah satunya karena belum dapat beradaptasi untuk melakukan penjualan secara digital. 

Potret laporan Suara UKM Negeri juga mengungkapkan bahwa 57% UKM memerlukan bantuan promosi digital menggunakan iklan melalui Facebook/Instagram dan 56% menginginkan bantuan kolaborasi dengan influencer/KOL melalui media sosial untuk mempromosikan produknya. 

Sejak Creative Hub Ninja Xpress hadir di Bandung pada Juli 2020, sudah lebih dari 25.000 produk UKM diambil foto dan videonya secara profesional sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pemasaran digital.

Produk fesyen wanita dan pria, kecantikan dan kosmetik, serta food & beverages menjadi kategori produk yang paling banyak diambil foto dan videonya di Creative Hub Bandung. 

Dua UKM Bandung yang paling banyak melakukan pengiriman melalui Creative Hub ini adalah Plat D Konveksi, yang memiliki produk fesyen untuk wanita dan pria, dan Zallatra yang mengkhususkan pada fesyen wanita. Besarnya potensi UKM Jawa Barat terutama industri fesyennya membuat provinsi ini menjadi tiga daerah terbanyak yang mengirimkan paket melalui Ninja Xpress sejak 2020. (*)

 

Editor : Abdul Basir
Bagikan Artikel Ini