get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Ini 7 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango, Lembah Mandalawangi jadi Spot Favorit Soe Hok Gie

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:48 WIB
header img
Gunung Gede Pangrango/Foto Istimewa

BANDUNG, iNews.id - Gunung Gede Pangrango merupakan gunung yang berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Gunung Gede Pangrango juga menjadi salah satu lokasi favorit para pendaki. Pada tahun 2020 lalu, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini bahkan menjadi taman nasional paling banyak dikunjungi.

Ada sejumlah fakta menarik yang harus diketahui para pendaki soal Gunung Gede Pangrango ini. 

Gunung ini juga menjadi spot favorit Soe Hok Gie yang merupakan seorang aktivis keturunan Tionghoa-Indonesia.

Berikut 7 fakta menarik Gunung Gede Pangrango yang harus kalian tau, terutama bagi kamu yang hobi naik gunung.

1. Merupakan Dua Gunung yang Berdeda

Sering dikira menyatu, nyatanya Gunung Gede dan Gunung Pangrango merupakan dua gunung yang berbeda. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl, sedangkan ketinggian Gunung Pangrango adalah 3.019 mdpl. 

Kedua puncak gunung ini dihubungkan oleh punggung gunung seperti pelana yang dikenal sebagai daerah Kandang Badak yang berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

Gunung Gede dipercaya pernah meletus. Hal ini ditandai dengan adanya kawah-kawah aktif seperti Kawah Wadon, Kawah Ratu, Kawah Baru, dan Kawah Lanang yang berada di sekitarnya.

Berbeda dengan Gunung Gede, Gunung Pangrango dipercaya belum pernah meletus. Hal ini dibuktikan dengan puncak gunungnya yang masih kerucut relatif mulus.

2. Mencakup 3 Kabupaten

Gunung Gede Pangrango ini terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Gunung Gede Pangrango ini masuk dalam kawasan Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dan merupakan salah satu dari lima taman nasional yang diumumkan pertama kali.

3. Punya Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Di kawasan Gunung Gede Pangrango ini terdapat sebuah jembatan gantung yang disebut sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara. Diresmikan pada 2019 lalu, Jembatan Gantung Situ Gunung ini memiliki panjang 243 meter dan tinggi 107 meter dari atas sungai.

4. Ditetapkan sebagai Cagar Biosfer

Gunung Gede Pangrango beserta seluruh kawasan taman nasionalnya ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO pada 1977.

Hal ini dikarenakan keindahan serta keanekaragaman flora dan fauna yang dimiliki Gunung Gede Pangrango.

5. Pernah Viral 

Pada 2021 lalu, Gunung Gede Pangrango sempat viral di media sosial. Hal ini lantaran gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat ini terlihat dari Jakarta. 

Foto Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta diambil oleh fotografer Ari Wibisono yang kemudian diunggah ulang oleh akun Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Meski begitu, banyak juga yang mempertanyakan tentang keaslian foto tersebut.

6. Rumah Owa Jawa

Kawasan Gunung Gede Pangrango merupakan pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa Jawa sejak 2006 silam. Owa Jawa sendiri masuk sebagai primata endemik yang terancam punah akibat diburu dan perusakan hutan.

Lokasi penyelamatan dan rehabilitasi Owa Jawa di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini bernama Javan Gibbon Center (JGC).

7. Spot Favorit Soe Hok Gie

Di Gunung Gede Pangrango terdapat sebuah lokasi yang menjadi spot favorit Soe Hok Gie, salah satu tokoh fenomenal di Indonesia.

Spot tersebut adalah Lembah Mandalawangi yang terletak sekitar 100 meter dari Puncak Pangrango yang berada di ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut.

Kecintaan Soe Hok Gie terhadap Lembah Mandalawangi ini bahkan pernah dituangkannya dalam sebuah puisi yang “Mandalawangi-Pangrango”.

Itulah tujuh fakta menarik Gunung Gede Pangrango yang harus kamu tahu. Bagaimana, tertarik ingin mengunjungi Gunung Gede Pangrango?

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut