get app
inews
Aa Read Next : Update Hasil Suara Sementara Real Count KPU 77,46 Persen, Ganjar-Mahfud Konsisten di 16 Persen

Paguyuban Pasundan Dukung Orang Sunda Maju di Pilpres Mendatang

Senin, 04 Juli 2022 | 12:51 WIB
header img
Ketua Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi. (Foto: Abdul Basir)

BANDUNG, iNews.id - Paguyuban Pasundan siap mendukung calon presiden dari Jawa Barat atau orang Sunda pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Ketua Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi mengatakan dukung tersebut dikarenakan Paguyuban Pasundan menginginkan orang asli Sunda berkancah di politik nasional dengan jabatan presiden.

"Kalau ada Capres dari orang sunda, kalau ada tentu etika politik tentu akan mendukungnya. Tapi kalau tidak ada, siapapun karena pendekatan kami adalah pendekatan kultural bukan darah maka kami akan melaksanakan kewajiban kami dalam Pemilu tersebut," katanya, Senin (4/6/2022).

Didi Turmudzi mengatakan, sampai saat ini dirinya masih belum mengetahui secara jelas apakah ada calon presiden 2024 yang benar asli Sunda. Namun katanya, sudah ada beberapa yang hendak melakukan silaturahmi. Hanya saja, hal itu menurutnya masih terlalu dini. 

"Paling tidak ada beberapa calon yang ingin datang kepada kami baik dari Jakarta dan berbagai tempat yang sudah ada di massa media nama-namanya, tetapi kami waktu itu menyatakan baru kami akan menerima silaturahmi setelah ada calon pasangan-pasangan yang pasti dalam Pemilu," kata dia. 

Paguyuban Pasundan memiliki beberapa kriteria untuk calon presiden yang akan didukungnya di Pilpres 2024. Salah satunya, kata Didi, sosok pemimpin yang sederhana, pemimpin yang tau sejarah tempat dia berada.

"Kemudian dua yang bisa mengobati berbagai masalah yang terjadi saat ini, tiga memang orangnya harus punya akhlak mulia karena dengan kejujuran, akhlak baik insyaallah negara dan bangsa ini akan menjadi baik," kata dia. 

Didi menambahkan, Paguyuban Pasundan sendiri kini sudah berjalan selama 100 tahun lebih. Menurutnya, hal ini bukan lah perjalanan yang pendek, dan paguyuban sendiri memiliki perhatian terhadap bidang politik.

Meski, Paguyuban Pasundan bukan bagian dari Partai Politik manapun, dan tidak akan menjadi Partai politik, namun paguyuban punya sikap politik. 

"Kami harapkan agar pelaksanaan Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan, karena bagaimanapun juga ini adalah amanat konstitusi yang harus ditaati oleh semua pihak," tutupnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut