get app
inews
Aa Read Next : Cari Tempat Jogging di Bandung? Inilah 6 Pilihan Terpopuler yang Harus Dikunjungi

Olahraga Penurun Kolesterol Tinggi, Nomor 5 Praktis untuk Wanita

Kamis, 07 Juli 2022 | 14:40 WIB
header img
Beberapa jenis olahraga penurun kolesterol tinggi untuk wanita. (Foto:Freepik/Ilustrasi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Banyak wanita yang kesulitan mencari cara untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Padahal, ada beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi yang praktis dilakukan oleh wanita.

Disamping itu, olahraga ini pun tidak memakan banyak waktu. Bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan kapan saja.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan 40 menit olahraga aerobik dengan intensitas sedang hingga berat tiga hingga empat kali seminggu untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Olahraga ketahanan dua sampai tiga kali seminggu juga harus menjadi bagian dari rutinitas olahraga penurun kolesterol, kata Cori McCorkle, MS, seorang spesialis penelitian di Indiana University.

Olahraga membakar trigliserida atau lemak dalam darah sambil meningkatkan intoleransi glukosa (gula darah). Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga menjadi magnet bagi timbunan lemak.

Semakin sedikit lemak dan glukosa dalam aliran darah, semakin kecil kemungkinan kolesterol menumpuk di arteri Anda.

Berikut ini beberapa jenis olahraga penurun kolesterol tinggi untuk wanita dilansir dari Everyday Health:

1. Renang

Seperti jalan dan lari, renang adalah olahraga aerobik yang bagus yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Renang juga lebih mudah dilakukan pada persendian Anda daripada berjalan atau berlari. Apapun aerobik yang dipilih, pastikan itu salah satu yang Anda nikmati sehingga dapat mempertahankannya.

2. Yoga

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology pada Februari 2016 menemukan bahwa yoga mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol tinggi. Anda mungkin langsung melihat manfaat kesehatan jantung dari yoga dan semakin lama berlatih yoga, semakin besar manfaatnya, termasuk menurunkan kolesterol.

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan membantu mempertahankan dan mengimbangi efek penuaan, seperti sarcopenia, atau hilangnya massa dan fungsi otot rangka. Memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kolesterol. Kebugaran otot juga membantu meningkatkan kualitas hidup.

4. Peregangan

Peregangan penting untuk membantu Anda tetap fleksibel. Peregangan tidak akan berdampak langsung pada penurunan kolesterol jahat, tetapi akan membantu kebugaran secara keseluruhan, yang merupakan komponen penting untuk tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol tinggi, menurut National Center of Health, Physical Activity and Disability.

5. Jalan

Jalan cepat adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Siapa pun dapat melakukannya di mana saja. Jalan bisa meningkatkan jantung dan paru-paru sehingga membantu menggunakan oksigen dengan lebih efisien. Ketika menggunakan oksigen dengan lebih efisien, darah memompa ke seluruh tubuh dengan lebih mudah dan menjaga arteri bersih dari plak.

6. Lari

Lari membuat detak jantung meningkat untuk waktu yang lama dan menantang otot, yang kemudian memberi sinyal pada tubuh untuk melakukan perbaikan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Arteriosklerosis, Trombosis, dan Biologi Vaskular pada Mei 2013 menemukan bahwa berlari dan jalan cepat menghasilkan penurunan kolesterol yang serupa.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut