get app
inews
Aa Read Next : Catat, Amalan-amalan Ringan yang Pahalanya Besar saat Ramadhan

Mudah Dikerjakan, Ini Amalan-amalan Pada Malam Jumat Sesuai Sunah Rasul

Kamis, 14 Juli 2022 | 19:19 WIB
header img
Amalan-amalan pada malam Jumat sesuai sunah Rasul. (Foto: Pixabay/ilustrasi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Simak berikut ini amalan-amalan pada malam Jumat sesuai sunah Rasulullah SAW.

Malam Jumat atau hari Jumat dalam Islam adalah malam yang dianggap istimewa. Bahkan, Rasulullah SAW menyebut hari Jumat sebagai hari yang agung.

Berbagai keutamaan disebutkan Rasulullah SAW berada pada hari yang agung ini. Bahkan diyakini hari Jumat adalah hari yang terbaik dan paling utama dibandingkan dengan enam hari lainnya.

Nah, berikut ini amalan-amalan sunnah yang dilakukan pada malam Jumat yang dilansir dari Dalam Islam:

1. Membaca Shalawat Nabi

Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam. Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan beliau kelak di surga. 

"Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi).

2. Membaca Surat Al- Kahfi

Surat Al Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada setiap Jumat atau malam Jumat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi dijelaskan pada beberapa hadist riwayat berikut ini:

- "Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dirinya telah diterangi oleh cahaya diantara dua hari Jumat." (HR. An Nasai, Baihaqi dan Al Hakim; Shahih).

- "Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka terhadap dirinya akan dipancarkan cahaya antara dirinya dan Baitul Atiq." (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih).

- Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda:

"Barang siapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astaghfiruka wa atubbu ilaikh (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat."

3. Memperbanyak Doa

Menjalankan amalan sunnah pada hari Jumat atau malam Jumat dengan memperbanyak bertawakal serta membaca doa akan sangat bermanfaat bagi kita umat muslim. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut adalah doa yang senantiasa diberkahi serta dirahmati oleh Allah.

Sebagaimana dalam beberapa dalil dan hadist yang disebutkan:

"Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut."

Dalam Islam, semua hari adalah baik, hanya saja karena Jumat diyakini dan diserukan oleh Al Quran sebagai hari yang istimewa, maka perlakuan yang istimewa pun pasti akan mendapat balasan dari Allah terhadap yang memuliakannya.

Manfaat menjalankan amalan sunnah di malam Jumat akan terasa bagi umat muslim yang menjalankannya dengan istiqomah serta tanpa tujuan apapun selain mencari ridho Allah SWT. Beberapa manfaat menjalankan amalan sunnah tersebut antara lain:

- Menjadikan kita sebagai umat yang senantiasa ingat bahwa tiada hal yang lebih mulia selain mengagungkan Allah SWT dengan bertaqwa kepada-Nya.

- Melatih kesabaran, keteguhan hati serta mengingatkan kita bahwa hidup adalah jembatan sementara untuk menuju kekekalan akhirat.***

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut