get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Senin, 25 Juli 2022 | 14:57 WIB
header img
Ridwan Kamil saat catwalk di arena Citayam Fashion Week. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menilai, fenomena Citayam Fashion Week merupakan aksi organik dari akar rumput dan tak seharusnya selalu dikomersialkan.

Karenanya, Ridwan Kamil pun sangat menyayangkan atas aksi Baim Wong yang mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Dirjen HAKI, Kemenkumham.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulis Emil, sapaan akrabnya, di akun Instagramnya, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, bila fenomena ini menjadi komersil maka menghilangkan tujuan aksi tersebut dengan menambah sisi kemewahan dari gerakan tersebut.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," ungkapnya.

Emil pun berharap, fenomena yang terkenal dengan aksi fashion di jalanan ini tetap natural apa adanya tanpa harus dicampuri ragam kemewahan.

"Biarkan ini jadi cerita bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," tuturnya.

Emil mengatakan, para anak muda ini hanya membutuhkan ruang ekspresi. Bahkan, negara pun tak perlu ikut campur terlalu jauh termasuk individu di luar komunitasnya.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," jelasnya.

Namun, jika ingin mengatur Citayam Fashion Week, Emil berpendapat, baiknya Baim Wong menyerahkan langsung pada anak-anak muda yang ada di sana.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," imbuhnya.

Karena itu, Emil pun meminta agar rencana Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week dibatalkan.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut