Kapolri Tetapkan Irjen Ferdy Sambo Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Rizal Fadillah
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 20:31 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: net)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penanganan terbaru kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam pengumuman tersebut, Kapolri menyatakan, Irjen Pol Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka.

"Timsus telah menetapkan saudara FS (Ferdy Sambo) sebagai tersangka," kata Kapolri dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Selasa (8/8/2022).

Dalam konferensi pers tersebut, Kapolri didampingi enam jenderal Polri yang berdiri tepat dibelakangnya.

Adapun enam jenderal tersebut adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Dankorbrimob Polri Komjen Anang Revandoko, Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Sebelumnya, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memimpin langsung proses pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo dalam kasus Brigadir J di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Ferdy Sambo ditempatkan di Mako Brimob selama 30 hari untuk kepentingan pemeriksaan kasus tersebut.

"(Pemeriksaan di Mako Brimob) Timsus semuanya, langsung dipimpin oleh Pak Wakapolri, kemudian Pak Irwasum," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di depan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Untuk diketahui, Polri telah menetapkan 2 tersangka dalam kasus kematian Brigadir J di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Keduanya adalah Bharada E alias Bharada Richard Eliezer dan Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR. Keduanya saat ini telah ditahan di Bareskrim Polri.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, Brigadir RR telah ditahan di Bareskrim sejak Minggu (7/8/2022). Menurutnya, Brigadir RR ditahan berdasarkan kecukupan alat bukti yang telah ditelusuri oleh tim penyidik.

"(Brigadir Ricky disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini