get app
inews
Aa Read Next : Ngebet Pengen Punya Anak, Pinkan Mambo Berhubungan Intim 4 Kali Sehari

Mengenal Amalan Sunnah Rasul di Malam Jumat, Selain Jima'

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:00 WIB
header img
Ilustrasi amalan sunnah di malam Jumat. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Berhubungan intim atau Jima' pada malam Jumat disebut merupakan salah satu sunnah Rasulullah.

Dalam kitab Ihya' Ulumiddin disebutkan sebuah riwayat:

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW bahwa “Sesungguhnya seorang suami yang menggauli (Jima') istrinya, maka jima'nya itu dicatat memperoleh pahala seperti pahalanya anak lelaki yang berperang (dengan Kaum Kuffar) di jalan Allah lalu terbunuh".

Meskipun riwayat tersebut dinilai tidak ada asalnya oleh Al-Iraqi, tapi paling tidak riwayat dalam kitab ini yang menjadi pijakan masyarakat demi menggalakkan Jima' yang juga salah satu sunnah Rasul di malam Jumat, demikian seperti yang dijelaskan oleh Imam Ghazali.

"Dan ada sebagian ulama yang menyukai jimak (bercinta) pada hari dan malam Jumat, sebagai aplikasi dari salah satu takwil hadits; "Allah merahmati orang yang membersihkan dan mandi (pada hari jumat)".

Namun selain berjima', ada beberapa amalan Rasulullah di malam Jumat yang dianjurkan bagi umat muslim untuk mengerjakannya.

Berikut ini amalan sunnah di malam Jumat yang bisa dikerjakan umat muslim, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Membaca Surat Yasin

Umat muslim disunnahkan membaca surat Yasin pada malam Jumat. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa pada malam Jumat membaca Hamim ad-dukhan (surat Ad Dhuha) dan surat Yasin, maka pagi harinya ia diampuni (dosa-dosanya)," (HR. Ibn. Adh-Dharis dan Baehaqi).

2. Memperbanyak Doa

Menjalankan amalan sunnah pada hari Jumat atau malam Jumat dengan memperbanyak bertawakal serta membaca doa akan sangat bermanfaat bagi kita umat muslim.

Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut adalah doa yang senantiasa diberkahi serta dirahmati oleh Allah, sebagaimana dalam beberapa dalil dan hadist disebutkan:

Rasulullah SAW bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.”

3. Membaca Surat Al- Kahfi

Surat Al Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada setiap malam Jumat.

Keutamaan membaca surat Al Kahfi dijelaskan pada hadist berikut ini:

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

4. Membaca Shalawat Nabi

Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam.

Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan Beliau kelak di surga.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut