get app
inews
Aa Read Next : 4 Cara Berbuka Sesuai dengan Sunnah Rasulullah yang Wajib Diterapkan 

Inilah Amalan Setelah Salat Jumat yang Diajarkan Rasulullah SAW

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 11:00 WIB
header img
Ilustrasi berzikir. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Bagi umat Islam hari Jumat memiliki makna tersendiri. Maka tak heran muncul istilah Jumat berkah.

Pada hari Jumat, umat Islam yang laki-laki diharuskan menunaikan salat Jumat. Dalam Quran Surat Al-Jumu'ah Allah berfirman agar umat muslim meninggalkan sejenak kegiatan dan menunaikan salat Jumat.

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al-Jumuah: 9)

Setelah menunaikan salat Jumat, ada beberapa amalan dan doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk dikerjakan. Amalan doa dan zikir ini memiliki keutamaan besar dan kaum muslimin dianjurkan untuk tidak buru-buru meninggalkan masjid.

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca (setelah salat Jumat) surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan mengindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai Jumat berikutnya.

Kemudian dikutip dari Imam As-Sya'rani bahwa siapa yang membaca dua bait kalimat ini setiap hari Jumat, Allah akan mewafatkannya dalam keadaan Islam.

إِلٰـهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً • وَلاَ أَقْوٰى عَلَى نَارِ الْجَحِيْم

Ilaahii Lastu lil Firdausi Ahlaa, wa Laa Aqwaa 'Aalaa Naaril Jahiimi

Artinya: "Wahai Tuhanku! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku juga tak kuat di neraka Jahim".

فَهَبْ لِي تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبِي • فَإنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ

Fa Hablii Taubatan Waghfir Zunuubii, Fa Innaka Ghaafirudzdzambil 'Azhiimi

Artinya: "Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar".

Sebagain ulama mengatakan dua bait kalimat tersebut dibaca lima kali setelah salat Jumat. (Imam Bajuri).

Amalan berikutnya membaca doa yang fadhillahnya dapat meluaskan rezeki. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma ya Ghaniyyu ya Hamiid yaa Mubdiu ya Mu'iid ya Rahiimu ya Waduud Aghnina bi Halalika an Haramik wa Bitha'atika an Ma'siyatik wa Bifadhlika 'Amman Siwaak.

Artinya: "Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu".

Barangsiapa yang membaca doa ini setelah selesai Salat Jumat sebanyak empat kali maka Allah akan mencukupi kebutuhannya dari rezeki yang tidak terduga. Doa ini juga ditemukan pada Maraqil Ubudiyah ala Bidayatil Hidayah karya Syeikh Nawawi Al-Bantani.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut