get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024

Jumat Sore Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa, Sayang Jika Dilewatkan

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB
header img
Ilustrasi berdoa. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Jumat merupakah salah satu hari yang penuh dengan keberkahan. Salah satu cara meraih keberkahan tersebut adalah memperbanyak doa, apalagi pada Jumat sore waktu ashar. Ini merupakan waktu paling mustajab berdoa.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya agar memperbanyak berdoa di hari tersebut. Berdoa di hari Jumat merupakan sunnah yang sangat ditekankan. Sebab hari Jumat adalah hari dimana doa dan hajat dikabulkan Allah Ta'ala.

Semua doa kebaikan pasti dikabulkan Allah SWT pada Jumat sore ba'da salat ashar. Ini sebagaimana dijelaskan dalam dalil-dalil sahih. Maka itu, sayang jika umat Islam melewatkan waktu tersebut dengan tidak berdoa.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS Al-Ghafir: 60).

Adapun waktu mustajab pada hari Jumat disebutkan dalam beberapa riwayat yaitu pada saat bakda Ashar pengujung Jumat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah membicarakan tentang Hari Jumat, lalu Beliau bersabda:

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّى يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

"Pada Hari itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim salat berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya." Lalu Beliau mengisyaratkan dengan tangannya, -yang kami pahami- untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat)." (HR. Al-Bukhari No. 893 dan Muslim No. 852)

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

ًًٌٌٍََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََُُُُُُُُُُُُِِِِِِِِِِِِِِِِّّّّّّّّْْْْْْْْْْْْْْْْْ

"Hari Jumat adalah 12 jam. Di dalamnya terdapat satu waktu di mana tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah ia pada saat-saat terakhir setelah salat Ashar". (HR. An-Nasa'i)

Rasulullah SAW mengabarkan bahwa doa yang baik akan dikabulkan selama tidak terburu-buru. Akan tetapi jangan pernah mengatakan, aku telah berdoa dan tidak diterima. Demikian pesan baginda Rasulullah SAW , semoga doa dan segala hajat kita dikabulkan Allah di hari Jumat ini. Aaamin.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut