get app
inews
Aa Read Next : 5 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama Selama Puasa

5 Menu Makanan Warteg yang Rendah Kolesterol, Nomor 4 Paling Favorit

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:25 WIB
header img
Ilustrasi menu makanan warteg. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Warung Tegal atau yang biasa disebut Warteg adalah warung makan yang menyajikan aneka makanan dengan beragam pilihan. 

Warteg selalu jadi pilihan untuk mengisi perut. Selain lezat, tentu harga makanan di warteg pun selalu ramah di kantong.

Namun tahukah kamu, jika ada makanan di warteg yang rendah kolesterol.

Kolesterol sejatinya merupakan salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti untuk melindungi sel dan membantu produksi vitamin D.

Akan tetapi, kadar kolesterol yang berlebih bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Ini merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit berbahaya.

Selain dengan obat penurun kolesterol, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan berikut untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Karena itu, akan lebih jika Anda lebih selektif dalam memilih menu makanan. Termasuk ketika makan di luar rumah, seperti di warteg misalnya.

Berikut lima makanan warteg yang rendah kolesterol, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sayur Bening

Sayur bening bisa menjadi salah satu pelengkap sehat saat makan di warteg. Biasanya, dalam sayur bening terdapat beberapa jenis sayuran sehat seperti wortel dan bayam. Khusus pada bayam, jenis sayuran ini bisa meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung serat serta kaya akan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

2. Pepes Ikan

Jika Anda ingin menghindari makanan dengan kolesterol tinggi di warteg, pepes ikan bisa menjadi salah satu pilihannya. Selain proses pembuatannya yang dikukus, menu ini juga diracik dengan berbagai bumbu masakan alami yang sehat. Kemudian, jenis ikan yang dipilih juga mengandung omega 3 berupa lemak tak jenuh ganda esensial. Menu yang satu ini sangat cocok untuk pilihan makanan rendah kolesterol.

3. Terong Balado

Makanan warteg rendah kolesterol berikutnya adalah terong balado. Sebagai informasi, terong sendiri dipercaya bisa menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung. Dalam hal ini, terong memiliki serat tinggi dan bisa membantu meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa proses pemasakan terong balado ini juga harus diperhatikan. Pertama, jangan terlalu banyak menggunakan minyak. Kemudian, pengolahannya jangan terlalu matang. Karena bisa mengurangi khasiatnya.

4. Tempe dan Tahu

Kedua jenis makanan ini tentu sangat sering dijumpai di warteg. Tempe dan tahu terbuat dari kedelai dengan kandungan protein tinggi. Menurut salah satu studi, konsumsi 25 gram protein kedelai dalam satu hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 5 hingga 6 persen. Makanan ini bisa menjadi pilihan bagi penderita kolesterol yang menginginkan hidangan yang lezat dan murah meriah. Akan tetapi, sama halnya dengan terong balado, pemilihan metode pengolahannya juga harus diperhatikan.

5. Tumis Sawi Putih

Tumis Sawi Putih menjadi salah satu jenis lauk yang banyak tersedia di warteg. Salah satu manfaat jenis sayuran ini adalah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sawi sendiri memiliki senyawa yang dapat mengikat empedu pada sistem pencernaan. Hal tersebut ternyata bisa mencegah terjadinya reabsorpsi asam empedu yang berkaitan dengan turunnya kadar kolesterol dalam darah.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut