get app
inews
Aa Read Next : Semarakkan HUT RI, Demokrat Jabar Gelar Lomba Bertajuk Pesta Rakyat

Sambut HUT RI ke-77, Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Gunung Batu Lembang

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:30 WIB
header img
Dalam menyambut peringatan HUT RI ke-77, bendera merah putih raksasa berkibar di Gunung Batu, Kecamatan Lembang, KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA - Dalam menyambut HUT RI ke-77, sebuah bendera merah putih raksasa dikibarkan di tebing Gunung Batu Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), sejak Minggu (14/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih raksasa berukuran 8x12 meter ini diinisiasi oleh komunitas pecinta alam, karang taruna, serta Muspika Kecamatan Lembang.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya mengiringi proses pengibaran bendera merah putih. Sejumlah masyarakat yang hadir dan para peserta dengan khidmat menghormat kepada Sang Saka Merah Putih saat dikibarkan dari kejauhan.

"Pengibaran bendera raksasa itu dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 dan sebagai upaya menumbuhkan patriotisme serta nilai-nilai kebangsaan generasi muda," kata Camat Lembang Herman Permadi, Senin (15/8/2022).

Menurutnya, pengibaran bendera di puncak Gunung Batu ini juga merupakan salah satu wujud penghargaan kepada para pejuang yang bersatu memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajah. Rencananya, bendera Merah Putih raksasa tersebut bakal berkibar di Gunung Batu selama bulan Agustus.

"Ini (pengibaran bendera merah putih raksasa) juga sebagai bentuk kebanggaan kami sebagai rakyat Indonesia dalam memeriahian peringatan HUT RI. (Dikibarkan di tebing) agar bendera itu juga terlihat dari kejauhan," jelasnya.

Sementara itu, panitia pengibaran bendera raksasa, Yadi Kronongmengatakan, persiapan pengibaran bendera di tebing gunung yang memiliki ketinggian di atas 1.228 mdpl ini dilakukan selama tiga hari. Semua proses berjalan lancar, hanya saja ukuran bendera tidak bisa lebih lebar karena terhalang batu cadas.

"Kalau dilebarkan lagi ada batu cadas yang bisa merobek bendera. Rencananya pengibaran bendera di puncak Gunung Batu bakal diadakan tiap tahun menjelang 17 Agustus," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut