get app
inews
Aa Read Next : DPRD Jabar Tekankan Pentingnya Peran KPID pada Penyelenggaraan Pemilu 2024

Kuatkan Pesan Presiden, Ridwan Kamil: Jangan Ada Polarisasi Jelang Pemilu 2024

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:31 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat menyampaikan pesan-pesannya di sela Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Gedung Sate, Kota Bandung. (Foto: Ist).

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan sejumlah pesan penting dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Salah satu pesan yang disampaikan Ridwan Kamil yakni terkait polarisasi masyarakat yang menurutnya kini sudah usang. 

Hal ini sekaligus penguat dari yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2022 di Gedung MPRMPR, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2022) kemarin.

"Kita menguatkan pesan Presiden. Menjelang 2024 jangan ada polarisasi oleh politik identitas politisasi agama, ya pembelahan SARA, dan lain sebagainya," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (17/8/2022). 

Emil juga menekankan, bahwa pada HUT ke-77 RI ini, sudah saatnya Indonesia bergerak ke depan dan masyarakat tak perlu lagi membahas hal-hal yang sifatnya sudah udang. Apalagi, konflik yang terjadi selama ini kerap masih dipicu hal seputar politik identitas, termasuk agama. 

"Kita sudah 77 tahun melewati hal-hal seperti itu. Kita fokus pada hal-hal yang sifatnya masa depan, jangan habiskan waktu untuk mengurusi hal-hal yang sebenarnya sudah selesai narasinya," tuturnya. 

Emil pun berpesan, agar rakyat Indonesia kembali menguatkan rasa persatuan dan kesatuan. Selain itu, diharapkan tidak ada lagi rongrongan terhadap ideologi negara. 

"Bhinneka Tunggal Ika jangan di ganggu-ganggu lagi, perbedaan jangan dibesar-besarkan. Carilah selalu persamaan diantara banyaknya perbedaan," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Emil mengungkapkan, perayaan HUT ke-77 RI di Jabar berlangsung meriah. Selain hadirnya beragam kegiatan di Gedung Sate, seluruh kabupaten dan kota di Jabar juga turut merayakan Hari Kemerdekaan dengan meriah. 

"Dari berbagai daerah di desa-desa di kampung-kampung di kota semua meriah. Mungkin ini karena pertama kali kita melaksanakan lebih normal kegiatan upacara bendera," katanya. 

Terakhir, Emil juga berpesan agar jajaran Pemprov Jabar mempertahankan titel juara yang selama ini dicapai, mulai juara investasi hingga kinerja di tataran pemerintahan. 

"Pesan dari saya kepada masyarakat Jabar, khususnya pemerintah Provinsi Jabar pertahankan juara investasi, juara kinerja PNS-nya, dan lainnya, sehingga bisa membanggakan tinggal di tempat yang istimewa ini," tandasnya. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut