get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Kejurnas Tamiya Mini 4WD, Ratusan Racer se-Indonesia Adu Skill di Kota Bandung

Minggu, 21 Agustus 2022 | 16:31 WIB
header img
Ratusan racer mengikuti Kejurnas Tamiya Mini 4WD bertajuk "CAFX4WD National Championship" di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh Nomor 66, Kota Bandung. Foto/Istimewa

BANDUNG, INEWS BANDUNGRAYA - Event akbar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tamiya Mini 4WD bertajuk "CAFX4WD National Championship" kembali digelar di Kota Bandung. 

Kerjurnas yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut sejak Jumat (19/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022) di Gedung Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh Nomor 66, Kota Bandung itu diikuti oleh ratusan peserta se-Indonesia. 

Kejurnas Tamiya Mini 4WD tersebut merupakan event seri tahun ke-2 di Bandung dengan peserta kurang lebih 30 team atau komunitas. 

"Dengan total ada 500 racer dari seluruh provinsi di Indonesia," ungkap Founder PT CAF, Moch Yanuar Anugrah dalam konferensi pers di Gedung Manggala Siliwangi, Minggu (21/8/2022). 

Menurutnya, kejurnas tersebut menjadi salah satu turnamen Tamiya paling bergengsi tahun ini. Ada tiga kategori yang dilombakan, pertama kelas Open Race STO dengan jumlah 3 tracks. 

"Kelas ini adalah kelas yg paling bergengsi di komunitas pecinta Tamiya mini 4WD," tuturnya. 

Kedua, kelas Time Attack yang merupakan kelas yang pertama kalinya di Indonesia menggunakan track 5 jalur pada level kejurnas. Terakhir, kelas Beauty Contest yang cukup menarik animo pecinta Tamiya Mini 4WD.

Dalam penentuan pemenang, lanjut Yanuar, kriteria yang ditetapkan pihak penyelenggara antara lain kerapihan, keserasian warna, orisinalitas suku cadang, hingga tingkat kerumitan pengerjaan.

"Disamping itu juga kecepatan dan jam laju menjadi penilaian," tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Director CAFX4WD, Zaenal Somantri membocorkan salah satu kejutan pada event tahun ini, yakni pihaknya membuat replika Tamiya 4WD dengan skala 1:1. 

"Replika tersebut kami pajang di area kejurnas, agar bisa dilihat langsung," ujarnya. 

Dia juga mengatakan, PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) sebagai penyelenggara selalu berkomitmen dan selalu memberikan dukungan maksimal dengan langkah-langkah yang nyata untuk memajukan dunia kreatif dan komunitas, khususnya di Bandung dan Indonesia pada umumnya. 

Sementara itu, salah seorang peserta dari Balikpapan mewakili komunitas Tamiya Arsix, Agus Satria mengatakan, pihaknya sengaja mengikuti ajang CAFX4WD National Championship di Kota Bandung karena menjadi salah satu turnamen yang ditunggu-tunggu. 

"Apalagi ini kejurnas terbesar yang kami ikuti. Selain merupakan turnamen bergengsi, bagi kami, ini peluang untuk bertemu dengan komunitas Tamiya lainnya se-Indonesia," tutur Agus. 

Tak tanggung-tanggung, kata Agus, dia dan rekan satu komunitasnya rela mengeluarkan kocek hingga belasan juta rupiah untuk akomodasi selama mengikuti turnamen. 

"Dana kami untuk mengikuti kejurnas ini sekitar range harga tiket pesawat pulang pergi serta hotel dan lainnya kurang lebih Rp15 juta," sebutnya. 

Terkait kecintaannya dengan Tamiya, Agus mengakui bahwa kecintaannya terhadap Tamiya dimulai sejak 2014 silam.

"Awalnya saya tertarik karena lihat di mal dan bagus juga untuk hobi positif. Sampai akhirnya alhamdulillah setelah masuk komunitas, lolos menjuarai kejurnas di 2020 dan di turnamen kota sering menjadi juara," kata Agus. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut