Logo Network
Network

6 Tempat Wisata Paling Terkenal dan Hits di Cimahi Favorit Wisatawan

Rizal Fadillah
.
Selasa, 23 Agustus 2022 | 11:00 WIB
6 Tempat Wisata Paling Terkenal dan Hits di Cimahi Favorit Wisatawan
Salah satu tempat wisata di Cimahi, Curug Cimahi. (Foto: net)

CIMAHI, INEWSBANDUNGRAYA - Cimahi bisa jadi salah satu kota yang bisa Anda pilih untuk tujuan liburan. Sebab, di Kota Cimahi ini terdapat beberapa tempat wisata yang terkenal dan hits.

Kota yang dijuluki sebagai kota “Tentara” ini, memiliki banyak tempat wisata menarik yang sangat sering dikunjungi para wisatawan, yang tak kalah menarik dari Kota Bandung.

Penasaran tempat wisata apa saja yang ada di Cimahi ini?

Berikut daftar tempat wisata paling terkenal dan hits di Cimahi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pandiga Educreation Sport

Pandiga Educreation Sport merupakan salah satu tempat wisata Cimahi yang mengusung konsep eduwisata. Berbeda dengan AWC (Alam Wisata Cimahi) yang fokus utamanya agrikultur, Pandiga Education Sport fokus pada aspek aktivitas fisik dan olahraga.

Destinasi ini juga bisa menjadi pilihan buat kamu yang mencari kolam renang di Cimahi. Ada dua buah kolam renang yang tersedia di sini, untuk dewasa dan anak-anak.

Kolam renang dewasa luasnya kurang lebih 375 meter persegi dengan kedalaman antara 0,9 meter hingga 1,8 meter. Sedangkan kolam renang untuk anak-anak luasnya 90 meter persegi dengan kedalaman hanya 0,5 meter.

Selain kolam renang, destinasi ini juga menyediakan arena paintball, kafe dan fasilitas outbond. Tempat wisata di Cimahi yang satu ini tampaknya memang berusaha menyajikan fasilitas selengkap mungkin untuk wisata keluarga dan kelompok.

2. Alun-Alun Kota Cimahi

Sama seperti kebanyakan kota lainnya, Cimahi juga memiliki alun-alun. Bedanya, alun-alun Kota Cimahi ini tertata sedemikian rupa sehingga juga berfungsi sebagai salah satu taman publik di Cimahi.

Sebagai fasilitas publik, alun-alun ini memiliki banyak pohon rindang serta dilengkapi dengan tempat duduk dan lampu penerangan yang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong atau berkumpul dengan teman.

Selain itu, alun-alun Cimahi juga memiliki fasilitas playground yang dapat digunakan oleh anak-anak secara gratis. Setelah lelah bermain, kamu dapat membeli jajanan murah meriah yang banyak berjejer di area alun-alun. 

3. Kampung Buyut Cipageran

Destinasi wisata Cimahi yang satu ini sepintas terdengar seperti kampung adat, ternyata bukan. Kampung Buyut Cipageran lebih dikenal sebagai Kabuci atau Kabuci Cimahi, merupakan sebuah kawasan wisata budaya dan konservasi alam. Dikembangkan di atas lahan pribadi seluas kurang lebih 2,5 hektare, Kabuci menawarkan wisata edukasi budaya Sunda, wisata outbound dan ragam tanaman serta bunga.

Melihat tata ruangnya, tampaknya kawasan ini bisa jadi opsi bagus buat kamu yang mencari area taman di Cimahi untuk hangout. Selain area taman terbuka, kamu juga bisa nongkrong sambil makan dan ngobrol di beberapa saung bambu yang banyak tersedia. Bisa jadi kamu juga akan menilai Kabuci sebagai salah satu tempat romantis di Cimahi.

4. Lapangan Tembak Gunung Bohong

Lapangan ini merupakan salah satu tempat yang populer untuk penggemar jogging dan sepak bola. Nama gunung "bohong" barangkali karena meskipun tinggi area ini belum bisa dikategorikan sebagai gunung. Tingginya hanya sekitar 750 meter di atas permukaan laut. 

Lapangan Tembak ini memiliki standar berkelas internasional dan sering digunakan untuk latihan tembak prajurit TNI. Selain itu juga sering digunakan oleh para pelajar melakukan aktivitas kepramukaan.

5. Kolam Renang Brigif Cimahi

Nama aslinya adalah Tirta Budhi Bakti, tapi lebih terkenal dengan sebutan Kolam Renang Brigif Cimahi. Kolam renang ini memang milik TNI, tapi terbuka untuk umum.

Tempat ini merupakan salah satu kolam renang pilihan di Kota Cimahi dengan 2 pilihan kolam. Yaitu kolam untuk dewasa dengan kedalaman 1-3 meter dan kolam untuk anak-anak dengan kedalaman hanya 0.5 meter. 

Area kolam renang dewasa dilengkapi dengan perosotan (seluncuran) setinggi 2 meter. Seluncuran ini terletak di area yang berkedalaman 1 meter. Sebuah papan loncat tersedia di area yang berkedalaman 3 meter.

6. Curug Cimahi

Berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, air terjun dengan ketinggian 85 meter ini. Anda akan dimanjakan dengan cantiknya air terjun pelangi yang terdapat di Curug Cimahi. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Cimahi.

Destinasi ini merupakan salah satu destinasi yang hits dikalangan anak muda, anda bisa berfoto sambil menikmati sejuknya udara di Curug Cimahi ini. Jika anda beruntung, anda bisa melihat pelangi yang muncul ditengah-tengah air terjun.

Air terjun dari Curug Cimahi dipercaya oleh beberapa pengunjung bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.