Logo Network
Network

PB HMI Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Gedung DPR, Cabang Bandung Kok Sepi?

Rizal Fadillah
.
Senin, 29 Agustus 2022 | 18:36 WIB
PB HMI Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Gedung DPR, Cabang Bandung Kok Sepi?
Massa HMI sempat ricuh dengan kepolisian saat menggelar aksi demo tolak kenaikan BBM di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta. (Foto: MPI/Rizky Syahrial).

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI pada hari ini, Senin (29/8/2022).

Aksi ini digelar sebagai respons isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, listrik, serta masalah mafia gas yang tengah ramai di masyarakat.

Pada pukul 15.10 WIB, massa aksi bergerak dari Patung Kuda menuju Gedung DPR/MPR, Senayan melalui Jalan MH Thamrin.

Massa berjalan kaki, mengendarai sepeda motor hingga mobil orasi. Belasan polisi bermotor dari Brimob Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat mengawal aksi konvoi massa HMI ini.

"Menolak rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi karena akan mengorbankan kondisi ekonomi rakyat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dan pelaku UMKM yang belum pulih akibat pandemi Covid-19," ujar Ketua Umum PB HMI, Raihan Ariatama.

Pada pukul 17.00 WIB massa aksi berusaha menutup kawasan Jalan Gatot Subroto arah Slipi. Aksi tersebut sempat membuat ricuh hingga pihak kepolisian turun tangan.

Meski terjadi saling dorong, namun aparat kepolisian kembali sigap mengamankan aksi. Imbas aksi demo, arus lalu lintas Jalan Gatot Subroto arah Slipi padat merayap.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan yang terjadi di Bandung. Terpantau, Gedung Sate dan Gedung DPRD Jawa Barat yang biasa dijadikan tempat aksi terlihat sepi.

Padahal sebelumnya, PB HMI telah mengeluarkan surat intruksi dengan nomor 606/ASEK/01/1444 yang ditujukan kepada Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Badan Koordinasi, Cabang, Komosariat se-Indonesia.

Berdasarkan surat tersebut, demo ini bakal digelar serentak oleh seluruh pengurus HMI se-Indonesia.

"Bersama dengan datangnya surat ini kami sampaikan kepada seluruh pengurus Badko, pengurus Cabang dan pengurus Komisariat se-Indonesia dalam menjaga gerakan mahasiswa Islam, maka kami Intruksikan untuk aksi serentak yang dilakukan secara damai dan tidak anarkis," tulis surat tersebut.

"Keputusan intruksi tersebut diputuskan melalui rapat harian Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam pada Jumat (26/8/2022) tentang rencana kenaikan harga BBM. Aksi akan dilaksanakan serentak diseluruh wilayah," sambungnya.

Terkait hal ini, Bendahara Umum HMI Cabang Bandung, Lutfi mengklaim, jika pihaknya sedang menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta.

"Ini lagi di Jakarta, cabang (Bandung) membersamai PB turun aksi," ucap Lutfi saat dihubungi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.