Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Bandung, Punya Spot Sunrise ataupun Sunset

Rizal Fadillah
.
Kamis, 01 September 2022 | 09:00 WIB
Camping di Gunung Putri Lembang. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sebagai daerah yang memiliki suasana alam yang sejuk dan asri, Bandung memang menjadi salah satu tempat terbaik untuk berwisata dengan konsep berkemah atau camping.

Karena suguhan panorama alam yang indah, membuat pengelola wisata camping di Bandung terus bermunculan. Karenanya, kamu bisa dengan mudah menemukan spot-spot terbaik di Bandung yang bisa dijadikan destinasi untuk camping.

Dari sekian banyak tempat camping di Bandung, kami telah merangkum beberapa tempat terbaik untuk Anda kunjungi.

Nah, berikut ini rekomendasi tempat camping di Bandung, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ranca Upas

Lokasi camping di Bandung yang satu ini memang telah dikenal dan menjadi salah satu kawasan bumi perkemahan favorit bagi wisatawan maupun bagi para penyelenggara atau komunitas camping.

Ranca Upas memiliki pemandangan serta suasana yang sangat asri. Wilayah ini dikelilingi begitu banyak pepohonan yang rindang serta berdiri di lahan seluas 215 hektar yang hijau sejauh mata memandang di atas ketinggian 1.700 mdpl.

Jika ingin berkemah di Ranca Upas, kamu tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan berkemah, karena disini telah disediakan fasilitas berkemah yang lengkap. Harga tiket masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau, yaitu Rp 22.000 per orang.

Bumi perkemahan ini juga menyediakan beberapa lokasi camping yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Lokasi-lokasi camping yang ditawarkan diantaranya adalah Karaha Bodas, Cilember, Galunggung, Patuha, dan Kawah Putih.

Lokasinya berada di jalan Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung.

2. Bukit Moko

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkemah di Bukit Moko adalah pada waktu malam hari, kamu bisa berkesempatan untuk menanjak ke Puncak Bintang yang berjarak 200 meter.

Sesampainya di puncak, kamu akan disuguhkan dengan hamparan bintang di langit malam serta lampu-lampu Kota Bandung yang terlihat menakjubkan jika dilihat dari puncak ini.

Di Puncak Bintang, kamu bisa menemukan spot menarik yang juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan, yaitu Dermaga Bintang. Spot ini dibangun dengan konsep dek kayu yang luas dengan latar hutan pinus dan pegunungan hijau yang terhampar.

Bukan hanya menikmati Puncak Bintang, kamu juga bisa trekking menyusuri keindahan alam di hutan pinus. Selain itu, Bukit Moko juga menyediakan fasilitas-fasilitas perkemahan yang menunjang kebutuhan para pengunjung, diantaranya mushola, toilet, dan juga warung-warung lesehan untuk para pengunjung.

Untuk bisa menikmati keindahan berkemah di Bukit Moko, kamu perlu menyiapkan tiket masuk wisata sebesar Rp15.000 untuk reguler dan Rp25.000 untuk berkemah. Lokasinya berada di Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung.

3. Gunung Putri Lembang

Jika ingin merasakan sensasi berkemah dengan jalur pendakian, kamu bisa mengunjungi wisata perkemahan di Gunung Putri Lembang. Untuk sampai ke lokasi perkemahan, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jalur pendakian yang mudah dan dapat dijangkau oleh para pendaki yang masih terbilang baru.

Sesampainya di puncak, kamu akan disambut dengan panorama pegunungan dan gemerlapnya lampu-lampu yang menyala di Kota Lembang bagai hamparan bintang. Kamu juga bisa langsung berkemah dan menikmati suasana alam yang sejuk dan asri sambil memandangi langit malam yang terlihat sangat jelas dari atas bukit.

Kawasan perkemahan di Bandung yang satu ini mudah dijangkau dari pusat Kota Bandung yang hanya berjarak 19.1 kilometer. Kamu hanya memerlukan waktu 1 jam untuk sampai ke lokasi camping.

Berkemah di Gunung Putri tidak akan menguras kantongmu, karena untuk masuk ke area wisata ini kamu cukup membayar Rp 17.000. Lokasinya ada di Jalal Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Lokasi wisata berkemah di Bandung yang satu ini juga sangat cocok dijadikan tempat berlibur untuk kamu dan keluarga, karena lokasinya berada di bawah bukit dengan pemandangan padang rumput luas serta aliran tepi sungai.

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang yang mengusung konsep family camp ini menyediakan pilihan jenis berkemah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan berkemahmu dan keluarga. Kamu bisa memilih tipe berkemah biasa atau berkemah dengan konsep glamping.

Untuk bisa berkemah di Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 saja. Lokasinya ada di Desa Mekarsari Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

5. Cantigi Camp

Cantigi Camp merupakan area perkemahan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur dalam jumlah banyak karena perkemahan ini menyediakan aktivitas outbound yang beragam. Untuk masuk ke tempat camping di Bandung ini.

Lokasi wisata kemah di Bandung yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena ada berbagai paket kegiatan outbound yang bisa kamu pilih. Paket-paket tersebut diantaranya program outing dan petualangan, kids and teenager program, dan paket training.

Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Lokasinya ada di jalan Raya Cileunyi RT01 RW03, Manjah Beureum, Kulon, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini