Logo Network
Network

Kuliner Khas Sunda dan Berbagai Jenis Sambal ada di Giwangkara Restaurant, Wajib Dicoba!

Abbas Ibnu Assarani
.
Minggu, 04 September 2022 | 12:02 WIB
Kuliner Khas Sunda dan Berbagai Jenis Sambal ada di Giwangkara Restaurant, Wajib Dicoba!
9 Jenis sambal yang wajib dicoba saat berkunjung ke Giwangkara Restaurant. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bagi Anda penikmat kuliner kini dapat menikmati berbagai kuliner khas Sunda buhun dan aneka sambal, yang mampu memuaskan lidah pecinta kuliner tradisional di Giwangkara Restaurant di Grand Sunshine Resort and Convention, Jalan Raya Soreang No 6 Pamekaran, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

General Manager Grand Sunshine Resort and Convention Darmawan Pandoyo Drajat mengatakan ada 9 sambal yang bisa dicoba pengunjung beserta lalapannya secara gratis, diantaranya sambal cibiuk, sambal terasi dadakan, sambal mangga,sambal honje, sambal cumi, Sambal terasi matang, sambal pecel,sambal terasi matang dan sambal teri. 

"Rasanya smooth apalagi ditambah semur jengkol. 9 macam sambal itu free untuk pengunjung jadi pengunjung datang ke sini tinggal pilih saja beberapa opsi makanan yang diinginkan favoritnya, Ada petai jengkol nggak kalah pokoknya. more than ready to serve you all,"kata Darmawan.

Darmawan mengatakan hal itu usai peresmian Giwangkara Restaurant yang didampingi langsung CEO PT Ratna Forever Bandung, Sudharman Shetty dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Cakra Amiyana di Grand Sunshine Resort and Convention, Kabupaten Bandung, Sabtu sore (4/9/2022).

Selain Grand Launching Giwangkara Restaurant, Grand Sunshine Resort and Convention juga menggelar The Wedding Dream yaitu pameran pernikahan, yang berlangsung dari 3 sampai 4 September 2022 pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB.

Sementara di Giwangkara Restaurant, para pengunjung pun dapat mencicipi masakan khas Sunda mulai dari paket nasi timbel, sayur asem, semur jengkol, ayam bumbu sepaan, tumis sayuran, cimplung, tulang jambal, gepuk, lotek, soto bandung, perkedel kentang, kentang mustafa, jamu, sampai dengan es kelapa muda.

Giwangkara Restaurant juga bisa digunakan untuk event wedding. Seperti event wedding sebelumnya Grand Shunshine Resort sudah menggelar event perdana dengan memberikan grand prize setiap transaksi Rp1 juta mendapatkan 1 kupon undian.

"Hadiahnya 2 tiket pesawat Jakarta- Bali dengan menginap dua malam di grand sweet Bali Sunshine juga piknik di Tanjung Benoa,"ungkapnya 

Darmawan mengungkapkan selain menikmati kuliner sunda, pengunjung yang membawa buah hatinya dapat menggunakan fasilitas mini zoo, kids indoor, dan playground. Sehingga dapat mengetahui berbagai hewan yang jinak untuk bermain dengan anak-anak seperti kelinci, burung merak, dan lain-lain. 

Bahkan, mereka bisa bermain di kids indoor juga playground. Grand Sunshine Resort bisa dikunjungi siang maupun malam hari. Pada malam hari suasana romantis dan khas pedesaan Sunda sangat kental terasa.  

Manager Sky Lounge Grand Shunshine Resort, Ferry Firmansyah, mengatakan fasilitas Ini dilengkapi multivision, sehingga bisa digunakan untuk metting, restoran dan cafe dengan kapasitas 150 orang 

"Dibuka mulai dari pkl 11.00 - 23.00 WIB. Bahkan, setiap malam Minggu kita menampilkan live music dari pkl 18.30 - 22.00 WIB,"ujarnya.

Sedangkan untuk menu makanan yang disajikan di cafe tersebut diantaranya makanan Nusantara juga menu spesial makanan dari India yang dimasak langsung oleh koki dari negeri tersebut.

"Beberapa menu masakan India seperti nasi kebuli ayam dan nasi kebuli kambing menjadi menu favorit. Selain menu Nusantara juga ada menu dari setiap daerah seperti sop iga dan soto Banjar,"ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana mengatakan dengan peningkatan jumlah lokasi wisata di Kabupaten Bandung maka akan meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bandung.

"PAD ini akan digunakan untuk program pembangunan di Kabupaten Bandung seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya,"katanya.

Menurutnya, bertambahnya fasilitas wisata di kawasan tersebut maka UMKM lokal bisa memasok makanan termasuk souvernir untuk pengunjung sehingga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami berharap akan lebih banyak tumbuh hotel maupun tempat wisata di Kabupaten Bandung, minimal 10 hotel bintang 4,"ujarnya.

Selain itu, berbagai event yang diselenggarakan Grand Sunshine Resort, seperti Festival Wedding dinilai sangat penting dilakukan karena menjadi salah satu potensi wisata ke depan di Kabupaten Bandung.

Dia menilai destinasi event yang awalnya di Kota Bandung bisa beralih ke Kabupaten Bandung. Hal ini menjadi potensi untuk perkembangan ekonomi saat ini.

"Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Itu yang akan terus kita gaungkan,"tegasnya

Termasuk, tambah Cakra, pembukaan restoran Giwangkara Sundanese Concept yang ada di resort tersebut, bisa menjadi lokasi digelarnya festival wedding. "Jadi wedding organizer dari berbagai daerah bisa melaksanakan wedding eventnya di sini,"pungkasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.