get app
inews
Aa Read Next : Weekend di Karawang? Jangan Lewatkan Liburan di 3 Tempat Wisata Alam Ini

Rasakan Sensasi The Real Wisata Alam di Masigit Kareumbi Sumedang

Rabu, 07 September 2022 | 17:56 WIB
header img
Masigit Kareumbi. (Foto: net)

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA - Jika Anda hendak pergi berlibur dan ingin merasakan sensasi wisata alam yang sesungguhnya, maka datanglah ke Sumedang.

Di Sumedang, Anda akan menemukan tempat wisata alam yang bernama Kareumbi yang berlokasi di bawah kaki Gunung Masigit Kareumbi Hutan Gunung Kareumbi Masigit Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung.

Dilansir dari berbagai sumber, pada awalnya tempat ini memang merupakan area berburu dengan nama Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK). Namun pada akhirnya di konversi menjadi area hutan konservasi.

Selain itu, tempat ini juga dikembangkan sebagai kawasan wisata alam yang cukup unik. Disini Anda bisa sekedar menginap, hiking, pelatihan dan outbond, dan lain-lain dengan suasana hutan dan air sungai sebagai destinasi wisatanya.

Selain airnya yang jernih bersumber dari mata air pegunungan, juga nuansa alamnya yang masih asri. Meski terhitung sebagai destinasi baru, namun wisata yang berada di Kawasan Hutan Gunung Masigit Kareumbi ini mampu menarik minat pengunjung.

Mengenal sedikit tentang asal muasal nama Masigit Kareumbi, nama Masigit berasal dari nama sebuah bukit (pasir masigit) yang berada di sebelah timur dari kawasan wisata. Sedangkan nama Kareumbi diambil dari nama sebuah gunung yang ada di sebelah barat kawasan.

Nama kareumbi juga merupakan nama jenis pohon (Homalanthus populneus). Konon, dulu pohon ini banyak terdapat di gunung kareumbi.

Untuk fasilitas dan akomodasi di tempat ini pun terbilang cukup lengkap. Disini terdapat akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap seperti rumah pohon kareumbi, rumah rusa, wisma dan aula, dan area camping ground.

Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain kantin, mushala, area parkir mobil dan motor yg lumayan luas, toilet, dan sebuah ruangan untuk kelas pelatihan dan lainnya.

Adapun kegiatan wisata yang disa dilakukan di tempat ini adalah hiking dan treking ringan. Nantinya, akan ada petugas yang memandu Anda untuk hiking melewati berbagai lokasi yang menarik seperti area penangkaran rusa jawa, hutan sekitar lokasi, dan lain-lain.

Kemudian juga ada bike park, cocok untuk Anda yang pecinta sepeda. Anda bisa bersepeda mengitari kawasan hutan. Tracknya mungkin bakal lumayan menantang, jadi persiapkan fisik dan sepeda Anda dengan baik.

Selanjutnya, Anda juga bisa camping di tempat ini. Tak hanya itu, banyak juga spot foto menarik dan indah di tempat ini.

Hal unik dari lokasi Masigit Kareumbi ini adalah secara administratif, area wisata Gunung Masigit Kareumbi berada didalam 3 wilayah, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sumedang.

Lokasi posko Masigit Kareumbi berada tepat di persimpangan wilayah tiga kabupaten tersebut.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut