get app
inews
Aa Text
Read Next : Grab Beri Apresiasi Dana Abadi 1 Juta Dolar untuk Mitra

Grab Imbangi Kenaikan Tarif dengan Layanan Baru serta Promo Ekonomis

Senin, 12 September 2022 | 11:04 WIB
header img
Ilustrasi GrabBike. (Foto: net)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Grab sebagai aplikasi superapp terkemuka di Asia Tenggara, berupaya untuk terus membantu terjaganya pendapatan mitra pengemudi, dengan melakukan penyesuaian tarif untuk layanan transportasi, yang berlaku mulai Minggu, (11/9/2022) pukul 00.01 WIB.

Pada waktu bersamaan, Grab juga mendukung agar pengeluaran konsumen lebih hemat dengan memperkenalkan layanan GrabBike Hemat dan Promo Diskon Ngegas GrabCar yang dapat dinikmati pengguna Grab di seluruh Indonesia selama periode yang ditentukan.

Kedua inisiatif tersebut diharapkan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah kondisi yang dinamis saat ini.

Penyesuaian tarif dijalankan menyusul penetapan aturan baru tarif transportasi online yang terangkum dalam KP No. 667 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Besaran penyesuaian tarif telah dihitung secara saksama sesuai dengan aturan pemerintah, namun juga dirancang untuk menjaga kesejahteraan para mitra pengemudi di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), serta tetap menjaga kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab.

Berikut tarif baru untuk layanan GrabBike:

- Zona 1: Sumatera, Bali, dan Jawa (selain Jabodetabek)

Tarif Dasar Minimum (0-4 km): Rp8.000 – 10.000

Tarif Per-km: Rp2.000 – Rp2.500

- Zona 2: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi

Tarif Dasar Minimum (0-4 km): Rp.10.000 – Rp11.200

Tarif Per-km: Rp2.300 – Rp2.750

- Zona 3: Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku & Papua

Tarif Dasar Minimum (0-4 km): Rp9.200 – Rp11.000

Tarif Per-km: Rp2.300 – 2.750

Sebagai bagian dari upaya Grab dalam membantu mitra pengemudi dalam menghadapi dampak kenaikan harga BBM, penyesuaian tarif juga akan diberlakukan untuk layanan GrabCar dan layanan pengantaran, yakni GrabExpress dan GrabFood, serta akan ada penyesuaian untuk GrabElectric sesuai dengan layanannya masing-masing.

Berikut detail penyesuaian tarif untuk layanan GrabCar, GrabExpress, dan GrabFood:

- Layanan: GrabCar

Kenaikan Tarif Dasar Minimum: Hingga Rp2.000

Persentase Kenaikan Tarif: Hingga 10%

- Layanan: GrabExpress

Kenaikan Tarif Dasar Minimum: Hingga Rp1.000

Persentase Kenaikan Tarif: Hingga 6%

- Layanan: GrabFood

Kenaikan Tarif Dasar Minimum: Rp1.000

Persentase Kenaikan Tarif: Hingga 7%

Menanggapi penyesuaian tarif yang diberlakukan, Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan, penyesuaian tarif serta kehadiran layanan GrabBike Hemat dan promo bagi konsumen merupakan upaya kami untuk tetap menawarkan pilihan layanan transportasi yang aman dan terjangkau.

"Ini adalah bentuk dukungan Grab terhadap konsumen setia kami sembari memastikan keberlangsungan pemasukan bagi para mitra pengemudi di tengah kondisi yang sarat perubahan seperti saat ini.," ucap Neneng dalam keterangannya, Minggu (11/9/2022).

Lebih lanjut, Neneng mengatakan, bahwa layanan GrabBike Hemat juga dapat menjadi pilihan ekonomis masyarakat yang siap diandalkan untuk melayani perjalanan sehari-hari.

“Layanan GrabBike Hemat yang menawarkan opsi tarif kompetitif untuk perjalanan jarak pendek diperluas untuk seluruh wilayah di Indonesia selama periode yang telah ditentukan,” jelas Neneng.

Bersamaan dengan perluasan cakupan GrabBike Hemat ke seluruh Indonesia, Grab juga menghadirkan Promo Diskon Ngegas GrabCar yang menawarkan potongan harga menarik untuk layanan GrabCar yang mulai berlaku Minggu (11/9/2022).

Seperti layanan transportasi lainnya di Grab, berbagaitur keamanan yang mumpuni diaplikasikan untuk memastikan keamanan, kenyamanan dan kualitas layanan yang lebih baik bagi para konsumen layanan GrabBike Hemat dan di Promo Diskon Ngegas GrabCar.

Adapu fitur-tur tersebut antara lain, nomor samaran untuk melindungi privasi pengguna dan mitra pengemudi, akses kepada 24/7 Pusat Layanan Pelanggan Grab, Fitur Tombol Keselamatan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Kemudian, ada Fitur Bagikan Informasi Perjalanan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan kepada orang terdekat, notikasi “Berhenti Tiba-Tiba” apabila perjalanan terindikasi berhenti lama, tidak sesuai jalur, hingga titik penurunan yang lumayan jauh dari titik tujuan awal.

Selain GrabBike Hemat, layanan GrabBike lainnya seperti GrabBike reguler hingga GrabElectric juga tersedia untuk mendukung mobilitas harian pengguna.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut