Logo Network
Network

Pemprov Jabar Bangunkan Padepokan Silat di Jatinangor, Ketum IPSI: Terima Kasih Pak Gubernur

Rizal Fadillah
.
Senin, 12 September 2022 | 21:03 WIB
Pemprov Jabar Bangunkan Padepokan Silat di Jatinangor, Ketum IPSI: Terima Kasih Pak Gubernur
Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana untuk membangun padepokan silat di Jatinangor, Sumedang. Dengan luas lahan 8 hektare, hal itu menjadi bentuk komitmen Pemprov Jabar dalam mendukung pencak silat.

Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Prabowo Subianto mengapresi langkah Pemprov Jabar tersebut. Menurutnya, pencak silat merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan dan terus dipupuk keberadaannya.

Apalagi, pencak silat menjadi medium untuk menghasilkan generasi penerus tangguh, ulet, tahan banting, berani, jujur, dan adil.

"Terima kasih kepada pak Gubernur (Ridwan Kamil) yang selalu memberikan perhatian kepada pencak silat," ucap Prabowo usai melantik pengurus IPSI Jabar masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022).

Prabowo berharap, pencak silat Jabar dapat konsisten memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Indonesia. 

"Misi pencak silat Indonesia adalah membina suatu generasi penerus yang akan mengemban tugas warga negara," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku, pihaknya akan terus berupaya untuk memajukan pencak silat di Jabar. Hal ini akan direalisasikan melalui sebuah kurikulum hingga membuat peringatan khusus pencak silat di Jabar.

"Pencak silat di Jabar jadi budaya nomor satu kita lestarikan lewat kurikulum, kemudian rencana membangun padepokan di Jatinangor, sampai mengumandangkan hari pencak silat 12 Desember," katanya.

"Kami juga ikut melobi UNESCO beberapa tahun. Sampai akhirnya UNESCO menganugerahi pencak silat sebagai warisan dunia tak benda," tambahnya.

Kemudian juga, atlet pencak silat Jabar kerap berkontribusi dalam berbagai kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Dengan begitu, Ridwan Kamil berharap, pencak silat dapat meningkatkan kualitas SDM agar Indonesia memiliki generasi penerus yang tangguh.

"Kontingen Jabar selalu juara umum baik di pon maupun di perhelatan internasional, mudah-mudahan pencak silat bangkit sebagai strategi meningkatkan kualitas sdm watak anak Indonesia yang tangguh," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.