get app
inews
Aa Read Next : Berlibur di Ciwidey, Jangan Lewatkan untuk Mampir ke 3 Resto Khas Sunda Ini

Wisata Situ Patenggang, Pesona Keindahan Danau di Kawasan Ciwidey

Senin, 19 September 2022 | 11:00 WIB
header img
Situ Patenggang. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Situ Patenggang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Bandung Selatan atau tepatnya di kawasan Ciwidey.

Situ Patenggang memiliki keindahan danau, serta suasana alam dan kesejukan udara khas Ciwidey yang begitu menyegarkan. Bukan hanya itu, keindahan Situ Patenggang dilengkapi dengan hijaunya pemandangan kebun teh.

Suasana di tempat wisata ini semakin terasa sangat cantik saat kabut sedang turun dan menyelimuti Situ Patenggang. Suhu di kawasan tempat wisata ini pun semakin terasa sangat dingin dan sejuk dengan perpaduan lingkungan sekitarnya.

Anda yang berdomisili dari Jakarta bisa menjadikan Situ Patenggang sebagai liburan singkat dari hiruk pikuknya kota Jakarta.

Air danau yang tenang dan terbentang luas ditambah dengan kabut putih yang terasa sejuk akan membuat tempat wisata yang satu ini semakin menetramkan jiwa.

Anda yang pergi berkunjung ke sana bisa menikmati romantisnya berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang memang disewakan di sini.

Saat berkeliling di danau ini, kalian akan menemukan sebuah spot yang dinamakan batu cinta di tengah danau. Anda juga bisa singgah sebentar di Pulau Cinta yang ada di tengah danau tersebut.

Sedikit informasi yang dirangkum dari berbagai sumber tentang sejarah Situ Patenggang, situ sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti danau. Sedangkan, Patenggang berasal dari kata taengan yang berarti saling mencari.

Situ Patenggang menjadi terkenal dengan cerita rakyatnya. Legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta . Disebutkan dua orang titisan dewa bernama raden Santang dan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama.

Mereka pun kemudian saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarang bernama batu cinta. Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ patenggang.

Lokasi Situ Patenggang juga berdekatan dengan tempat wisata lainnya yakni Glamping Lakeside Rancabali. Lokasi Glamping Lakeside Rancabali dengan Pinisi Resto yang iconik berada di sekitaran Situ Patenggang.

Jadi, untuk Anda yang ingin beristriahat sambil makan dan ngopi cantik bisa singgah ke Bahtera Resto atau yang lebih dikenal dengan nama Pinisi Resto.

Makanan yang ada di restoran ini kebanyakan merupakan adalah makanan khas sunda. Tetapi menu makanan nusantara lainnya serta makanan mancanegara juga tersedia di rumah makan ini.

Untuk harga juga tidak perlu khawatir karena kisaran harga makanan yang ada di sini sangat terjangkau yakni mulai dari Rp20.000 hinggaRp 100.000.

Selain Penisi Resto ini, ada juga tempat makan lainnya di sekitar danau. Jadi, Anda bisa menikmati indahnya kawasan Situ Patenggang ini sambil menghangatkan diri dengan minum bandrek.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut