Wisata Alam Bandung Barat, Nikmati Keindahan Sungai Citarum Purba di Sanghyang Kenit

Rizal Fadillah
.
Selasa, 20 September 2022 | 09:00 WIB
Sanghyang Kenit. (Foto: kolase foto/net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sanghyang Kenit adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di kawasan Bandung Raya, atau lebih tepatnya terletak di kawasan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat.

Sanghyang Kenit merupakan sebuah goa alami. Tempat wisata ini tergolong baru dan belum banyak orang yang mengetahui tentang keindahan alam yang ada di sini.

Dirangkum dari berbagai sumber, pemandangan indah yang terdapat di Sanghyang Kenit ini terbuat secara tidak sengaja atau terbentuk secara alami.

Jajaran batuan, tebing hingga Goa yang terkenal ini sebenarnya muncul karena air dari Waduk Saguling surut. Air dari Waduk Saguling menuju aliran Sungai Citarum ini kemudian dialihkan ke PLTA Rajamandala.

Sanghyang Kenit tak hanya indah namun juga menyimpan cerita mitos dibaliknya. Terdapat dua cerita mitos yang berkembang di masyarakat terkait nama Goa di Bandung satu ini.

Walaupun mitos ini tidak mempunyai dasar bukti yang jelas, namun penduduk sekitar masih mempercayai cerita dibaliknya.

Sanghyang sendiri perpaduan dari kata Sang dan Hyang mempunyai arti sesuatu yang dianggap agung dan juga luhur. Sedangkan untuk arti kata Kenit atau Kedit mempunyai arti yaitu melingkar.

Hal ini karena Goa ini mempunyai bentuk unik yang melingkar dan bulat. Bahkan arus Sungai Citarum sendiri berbentuk lingkaran dan berputar.

Mitos lainnya yang berkembang di masyarakat adalah tentang keturunan wali yang mempunyai nama Eyang Wastu Lingga. Wali ini suatu saat menyembelih hewan kendit sebagai tumbal.

Kendit sendiri adalah seekor kambing yang berwarna putih seperti sabuk pinggang namun badannya hitam. Kambing ini kemudian disembelih untuk persembahan.

Berbagai macam mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat sekitar tersebut boleh anda percaya boleh tidak. Mitos yang beredar ini juga bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung karena penasaran.

Selain itu, banyak kegiatan alam yang bisa dilakukan di lokasi wisata satu ini. Pengelola menyediakan berbagai permainan yang menarik seperti susur goa Sanghyang Kenit hingga arum jeram.

Namun, kegiatan bersama alam ini akan bisa dilakukan sesuai dengan keadaan alam dan cuaca pada hari itu. Sehingga bila beruntung anda akan bisa menikmatinya.

Bila anda melakukan susur Goa bersama rombongan, maka anda akan disuguhi pemandangan dalam Goa yang menarik dan unik. Terdapat kolam air dengan setinggi perut manusia yang aman bila anda jadikan tempat bermain air.

Semakin jauh anda menyusuri Goa, anda akan menemukan beberapa Goa lainnya yang berjajar indah. Warna yang indah akan terpantul oleh cahaya matahari dari dalam Goa. Hal ini akan membuat suasana dalam Goa terasa lebih cantik dan indah.

Warna semburat seperti pelangi ini kerap diabadikan menjadi objek foto alam yang menarik. Sehingga para fotografer alam akan menjadikan lokasi ini cocok untuk perburuan foto.

Wisata alam Sanghyang Kenit ini membebankan biaya tiket masuk yang terjangkau. Anda tak perlu menyiapkan anggaran yang banyak bila berkunjung ke destinasi alam ini.

Untuk harga tiket masuknya per orang hanya dikenakan Rp8.000 saja dan juga untuk tarif parkir kendaran sekitar Rp2.000. Untuk lokasi lengkapnya berada di Cisameng Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini