Nikmati Kesegaran dan Keindahan Curug Tilu Leuwi Opat, Wisata Air Terjun di Bandung Barat

Rizal Fadillah
.
Rabu, 21 September 2022 | 15:05 WIB
Curug Tilu Leuwi Opat. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Curug Tilu Leuwi Opat merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di kawasan Ciwangun, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Tilu Leuwi Opat ini berbatasan langsung dengan kebun pinus dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Danau situ Lembang.

Curug dalam bahasa sunda memiliki arti air terjun, objek wisata di Bandung yang satu ini merupakan perpaduan dari beberapa objek berupa curug (air terjun), leuwi (sungai), goa, dan hutan alami yang memiliki luas lebih dari 5 hektar.

Semua objek tersebut dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke kawasan wisata alam Curug Tilu Leuwi Opat.

Keadaan alamnya yang masih sangat asri menjadikan tempat wisata yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang ingin berlibur menikmati kesegeran air terjun dan keindahan alamnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Tilu Leuwi Opat jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya tiga sungai empat. Diberikannya nama tersebut karena curug ini memang memiliki air terjun yang terpecah menjadi tiga aliran.

Tiap-tiap aliran memiliki tinggi yang terlihat bertingkat-tingkat sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat indah dari bawah.

Di kawasan wisata ini tidak hanya terdapat satu curug, tetapi ada 3 curug lainnya lagi. Jadi ada 4 buah curug di sini. Curug tersebut letaknya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi kesemua curug itu dalam sekali berkunjung.

Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat terletak di daerah Ciwangun Parongpong, Kabupaten Bandung. Alamatnya lengkapnya berada di Jalan Ciwangun Indah Cam, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabaputen Bandung.

Letaknya berdekatan dengan beberapa objek wisata di Bandung lainnya seperti Kampung Gajah Wonderland, dan Ciwangun Indah Camp (CIC). Anda juga bisa mengunjugi beberapa tempat wisata di lembang lainnya seperti Farmhouse Lembang dan Floating Market Lembang.

Adapun tiket masuk Curug Tilu Leuwi Opat ini sangat terjangkau, berkisar Rp10.000/orang. Sedangkan untuk parkir motor Rp2.500 dan parkir mobil Rp5.000.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini