Suguhkan Suasana Sejuk, Inilah 5 Tempat Wisata Alam Pilihan di Sumedang

Rizal Fadillah
.
Sabtu, 24 September 2022 | 21:00 WIB
Curug Gorobog. (Foto: net)

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA - Sumedang bukan hanya terkenal dengan wisata kulinernya saja, yakni Tahu Sumedang.

Namun, salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini juga memeliki beberapa tempat wisata yang cocok dijadikan destinasi untuk berlibur.

Wilayahnya yang didominasi oleh pegunungan dan sedikit dataran rendah, membuat banyak wisata alam di dalamnya yang berhawa sejuk dan menentramkan.

Karenanya, Sumedang juga cocok dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan.

Berikut ini 5 tempat wisata alam pilihan yang ada di Sumedang, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Paralayang Batu Dua

Batu Dua Gunung Lingga atau sering disebut juga Batu Dua Sumedang atau Paralayang Batu Dua, yang menghadirkan panorama alam yang indah, sejuk, serta jauh dari kata bising.

Di tempat wisata Sumedang yang satu ini kamu dapat mencoba keseruan bermain paralayang, dan merupakan spot paralayang terbaik.

Tempat ini berlokasi di Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

2. Kampung Toga

Daya tarik utama dari Kampung Toga ialah Puncak Toganya, dimana kamu dapat menyaksikan view alam Sumedang yang sangat indah dari ketinggian sekitar 800 mdpl.

Kampung Toga merupakan salah satu tempat paralayang di Sumedang selain Batu Dua. Untuk kamu yang ingin mencobanya, nggak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu profesional.

Lokasinya di Jl. Kampung Toga KM.25, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

3. Curug Gorobog

Selanjutnya mari kita eksplor keindahan dari Curug Gorobog, yang memiliki tiga aliran air terjun di antara lebatnya pepohonan di sekitarnya.

Curug Gorobog berada di kaki Gunung Goong, udara di sekitar curug terasa sangat sejuk, aliran airnya jernih dan indah sekali. Pas bangetlah untuk rehat sejenak dari semua kebisingan perkotaan.

Lokasinya ada di Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

4. Puncak Damar Jatigede

Tempat indah selanjutnya bernama Puncak Damar Jatigede, ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Waduk Jatigede. Apalagi dilengkapi dengan spot foto yang cakep banget.

Puncak Damar Jatigede merupakan surganya para instaholic, dimana kamu dapat berburu foto-foto yang kece dan instagramable banget. Disamping menikmati keindahan dari alam Waduk Jatigede itu sendiri.

Tempat ini berlokasi di Pakualam, Darmaraja, Sumedang, Jawa Barat.

5. Situ Biru Cilembang

Danau Biru Situ Cilembang menawarkan kamu keindahan lain dari Kabupaten Sumedang. Dimana tersaji dengan indahnya sebuah danau yang tidak terlalu besar, namun memiliki air yang berwarna biru jernih.

Danau Biru Situ Cilembang sempat viral beberapa waktu yang lalu, karena postingan beberapa pengunjung di media sosial yang dimiliki. Danau biru ini berfungsi sebagai mata air bagi warga di sekitarnya, sehingga kamu hanya dapat menikmatinya dari permukaan saja.

Lokasinya berada di Hariang, Buahdua, Sumedang, Jawa Barat.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini