get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Banyak Tanah Dikuasai BUMN Tapi Nganggur, Ridwan Kamil: Mubazir Itu Teman Setan

Senin, 26 September 2022 | 17:22 WIB
header img
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menemui aksi yang dilakukan oleh Petani di depan Gedung Sate, Kota Bandung. Foto/Zhafran

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Terungkap sudah ternyata di Jawa Barat (Jabar) banyak lahan yang dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sayangnya, lahan yang ada tidak dimaksimalkan oleh BUMN sejauh ini.

Hal itu terungkap saat sejumlah petani menggeruduk Gedung Sate, Bandung, Senin (26/9/2022). Saat itu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil langsung menemui para petani yang mengaspirasikan kesejahteraan dalam kondisi saat ini.

Selain oleh BUMN, kata Ridwan Kamil, lahan itu juga dikuasai oleh swasta.

"Izinnya dikasih tapi nggak digarap. Dalam hati saya, mending kasih ke rakyat," kata Emil, sapaan akrabnya Ridwan Kamil.

Emil menilai, sebaiknya lahan yang tak dikuasai oleh BUMN itu diberikan kepada petani untuk digarap dan dimanfaatkan. Oleh karenanya, aturan terkait pengambilalihan lahan ini akan dibentuk oleh mantan Wali Kota Bandung ini.

"Karena mubazir itu teman setan," ucap Emil.

Namun demikian, kata dia, sejumlah langkah harus ditempuh sebelum bisa digarap oleh petani. Salah satunya adalah regulasi yang mengatur petani bisa menggunakan lahan yang nganggur.

"Apakah nanti bentuk Pergub (Peraturan Gubernur) atau apa saya cari formatnya dulu sesuai aturan. Intinya, saya minta balikan tanah di Jawa Barat yang dikuasai tapi tidak dimanfaatkan," beber suami Atalia Praratya itu.

 

​​​​​

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut