Logo Network
Network

Jelang Laga Persib vs Persija, Polisi Terapkan Pengamanan Berlapis di GBLA

Rizal Fadillah
.
Senin, 26 September 2022 | 20:27 WIB
Jelang Laga Persib vs Persija, Polisi Terapkan Pengamanan Berlapis di GBLA
Ribuan personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan laga Persib vs Persija di Stadion GBLA. (FOTO: Humas Polda Jabar)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Pertandingan antara Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 pekan ke-11 akan berlangsung pada Minggu (2/10/2022) mendatang. Dijadwalkan, pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, Polda Jabar akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan laga klasik tersebut. Pengamanan dilakukan dengan pola ring yang melibatkan personel kepolisian dan juga TNI.

Selain pengamanan berlapis, pihaknya juga melarang suporter Persija, The Jack Mania untuk menonton pertandingan di Stadion GBLA. 

"Kami sudah menyiapkan pengamanan dan persiapkan ribuan personel yang dan juga peralatan, kita juga mempergunakan pola sistem berlapis. Di ring-ring tersebut, akan kami seleksi penonton yang masuk ke dalam betul-betul memiliki tiket," kata Kombes Pol Ibrahim Tompo, Senin (26/9/2022).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan panitia, tiket penonton sudah diputuskan hanya untuk bobotoh atau pendukung dari Persib Bandung. Sedangkan pendukung Persija, The Jack Mania dilarang datang ke stadion.

"Pendukung Persija tidak diberi kesempatan ke GBLA. Ini pertimbangan keamanan. Jadi, memang kami dengan panitia akhirnya memutuskan tidak menghadirkan pendukung Persija," ucap Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Jadwal pertandingan pun sudah disepakati akan digelar sore hari, pukul 15.30 WIB. Pertimbangannya pun lebih kepada keamanan.

"Kalau sore hari, selain penonton mudah terpantau juga saat kembali malam itu juga biasanya cepat bubar," imbuhnya.

"Ini sangat menjadi pertimbangan untuk bisa melakukan pengamanan agar pertandingan berlangsung aman dan damai atau tidak terjadi permasalahan (gangguan) kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) sehingga lebih baik pertandingan digelar sore hari," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.