get app
inews
Aa Read Next : Asep Ilyas Penantang Serius Dansah sebagai Balon Bupati Bandung Barat dari PAN

Diduga Akar Rapuh, Pohon Tumbang Timpa Truk di Bandung Barat

Rabu, 28 September 2022 | 09:00 WIB
header img
Truk tangki pengangkut BBM tertimpa pohon mahoni di Jalan Raya Bandung-Cianjur, Kecamatan Cipatat, KBB. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA - Sebuah pohon tumbang menimpa truk pengangkut BBM di Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya di Kampung Cibihbul RT 04/11, Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sang sopir pun dipastikan selamat dalam insiden yang terjadi pada Selasa (27/9/2022) sekitar pukul 15.30 WIB tersebut.

Namun, kejadian itu sempat membuat arus lalu lintas macet cukup panjang. Sebab, lajur jalan tertutup total batang pohon berjenis mahoni yang melintang ke tengah jalan.

"Kejadiannya menjelang sore, sekitar jam setengah empat. Jalanan sempat macet, ternyata ada truk tangki tertimpa pohon," kata salah seorang pengemudi motor, Agus (27).

Sementara itu, petugas dari BPBD KBB dan pihak kepolisian yang datang ke lokasi langsung mengevakuasi batang pohon yang menghalangi jalan. Setelah berjuang selama lebih dari satu jam akhirnya material pohon berhasil disingkirkan.

"Tadi sekitar jam lima sore lebih, material pohon sudah bersih dan jalan kembali bisa dilalui," kata Kapolsek Cipatat, Kompol Muhtarom.

Menurutnya, pohon tersebut tumbang diduga lantaran akarnya sudah tidak kuat menopang batang, dahan, dan daunnya yang lebat. Selain itu beberapa hari lalu pohon besar itu juga sempat tertabrak truk fuso pengangkut semen.

Sehingga, hal itu juga ikut berpengaruh kepada kekuatan dari akar pohon yang tidak kuat menahan beban. Muhtarom, memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon tersebut.

Truk pengangkut BBM yang tertimpa pun sudah bisa berjalan lagi meskipun mengalami kerusakan pada bagian depan, khususnya di bagian dekat kemudi yang penyok.

Sementara menurut warga sekitar, Papier (45), sehari sebelumnya sebuah truk Indocement menabrak pohon tersebut yang membuat pengemudinya dilarikan ke rumah sakit. Sehingga diduga akar pohon tersebut tidak kuat menahan beban usai tertabrak truk sebelumnya.

"Kalau yang mobil nabrak pohon kemarin ada korban luka, kalau sekarang tidak ada korban, sopirnya selamat," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut