get app
inews
Aa Read Next : Jadi WNI, Ini Kata Nathan Tjoe-A-On Soal Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Liga 1 Dihentikan, Presiden Jokowi Perintahkan PSSI Hingga Kapolri Evaluasi Pelaksanaan Pertandingan

Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:31 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Youtube Sekretariat Presiden)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Presiden Joko Widodo ikut berduka atas kerusuhan suporter yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan ratusan orang.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan Malang Jawa Timur," kata Jokowi.

Jokowi memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara laga Liga 1. Hal ini buntut dari kerusuhan yang menewaskan 129 orang usai laga Arema Vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022).

"Untuk itu saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Presiden Jokowi di Istana Bogor, Minggu (2/10/2022).

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua PSSI Mochamad Iriawan dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan evaluasi menyeluruh.

"Saya juga telah perintahkan kepada Menpora, Kapolri dan Ketum PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan sepak bola dan juga prosedur pengamanan penyelenggaraannya," katanya.

"Khusus kepada Kapolri saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," tegas Jokowi.

Untuk diketahui, korban kerusahan sepak bola di Stadion Kanjuruhan mencapai 129 orang. Hal ini disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

"Sementara data korban tewas ada 129 orang," kata Nico.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut