get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku dan Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Masuk Hotel di Bandung

Kopi Aroma, Buah Tangan Legendaris Khas Bandung

Rabu, 05 Oktober 2022 | 15:10 WIB
header img
Kopi Aroma, buah tangan legendaris khas Bandung. (Foto: bandung.go.id)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Setiap daerah di Indonesia, biasanya memiliki kekhasannya tersendiri, mulai dari budaya, wisata, kuliner, termasuk juga oleh-oleh.

Berbicara tentang oleh-oleh, di Kota Bandung ini terdapat kopi yang biasa dijadikan sebagai buah tangan atau juga cocok untuk dikonsumsi sendiri.

Bagi para pecinta kopi pastinya sudah mengenal tempat jualan kopi legendaris ini. Faberijk Koffiea Aroma, atau lebih dikenal dengan nama Kopi Aroma.

Dilansir dari berbagai sumber, Kopi Aroma merupakan salah satu ikon kuliner kopi legendaris yang berasal dari Kota Bandung.

Namun, toko ini bukanlah kafe atau tempat nongkrong, Kopi Aroma merupakan pabrik kopi yang sangat tradisional.

Pusat pengolahan dan penjualan kopi ini telah berdiri sejak 1930-an, hampir menyentuh satu abad.

Pabrik pengolahan dan penjualan kopi ini didirikan oleh Tan Houw Sian. Saat ini, Kopi Aroma dikelola oleh sang anak tunggal yakni Widya Pratama. 

Pabrik atau toko ini menjual produk berupa biji kopi atau bubuk kopi asli. Kopi Aroma menjadi incaran para pecinta kopi dengan gaya roasting oldschool.

Tak butuh waktu lama sejak pabrik kopi ini berdiri hingga digandrungi banyak kalangan. 

Salah satu yang khas dari toko kopi ini adalah mengutamakan cara tradisional dalam pengolahan kopi tanpa bahan kimia dan pewangi.

Jika Anda melancong ke Kota Kembang dan kebetulan mengunjungi pabrik kopi ini, Anda akan mendapati mesin-mesin penggiling kopi tempo dulu yang berjajar di dalamnya. 

Mesin roasting yang digunakan pun merupakan mesin roasting manual berusia 82 tahun. Sebelum dipanggang dan ditumbuk, kopi terlebih dulu disimpan selama lima hingga delapan tahun.

Lamanya waktu penyimpanan merupakan upaya mengurangi kadar keasaman, jadi ketika kopi diminum tidak mengakibatkan perut kembung dan mual.

Saat ke Kopi Aroma kalian bisa membeli kopi dalam bentuk gilingan halus, gilingan kasar, atau bahkan dalam bentuk biji.

Ada dua jenis kopi yang dijual di tempat ini, yaitu kopi arabika dan robusta. Toko ini buka Senin sampai dengan Sabtu pukul 08:30 hingga 14:30.

Untuk range harga kalian gak perlu khawatir, harga untuk satu bungkus kopi robusta senilai Rp20.000 dan Rp25.000 untuk arabika.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut