get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Wacana Kepala Daerah Dipilih Dewan, Ridwan Kamil: Tanyakan Dulu Pada Rakyat!

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:18 WIB
header img
Gunernur Jabar, Ridwan Kamil. (Foto: Dok/SINDONews)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID  - Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua Wantimpres Wiranto menggulirkan kembali wacana pemilihan kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan siapapun berhak mengemukakan wacana. Hanya saja secara pribadi, mekanisme Pilkada saat ini menurutnya lebih baik terlepas banyak dinamika masalah yang terjadi dalam lingkup kepala daerah terjerat kasus korupsi.

“Saya kira ikutin kesepakatan, bahwa kesepakatannya dipilih oleh rakyat. Kalau ada wacana seperti itu, tidak masalah. Namanya juga wacana,” ujarnya, Rabu (12/10/2022).

Sebab menurutnya, apapun usulan yang bertujuan untuk perbaikan tetap harus mendapat persetujuan dari masyarakat karena masa depan mereka ditentukan oleh kepala daerah yang dipilih. Baik melalui pemilihan oleh masyarakat, maupun oleh legislatif.

“Tapi poinnya tanyakan kepada rakyat. Cara bertanya kepada rakyat adalah cara referendum. Jadi kalau ide itu mau mengemuka, jangan atas keputusan elit tapi keputusan rakyat. Jadi gagasan memperbaiki itu silakan, tapi harus rakyat yang menyetujui,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo beserta pimpinan MPR lainnya membahas sejumlah hal saat bertemu dengan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Salah satu yang dibahas yakni wacana agar Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada dikembalikan ke DPRD.

Para pimpinan itu menilai, mekanisme yang diterapkan pada saat ini dari hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kasus korupsi oleh sejumlah kepala daerah. Selain itu, penentuan kepala daerah oleh DPRD nilainya tetap demokratis, sesuai Pancasila dalam sila keempat.  (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut