get app
inews
Aa Read Next : Sayangkan Justin Hubner Tak Dilepas Klub, STY: Timnas Jarang Punya Kesempatan Tiket Olimpiade 

Di Balik Ancaman Pengunduran Diri, Ini 6 Prestasi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:40 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Ancaman Shin Tae-yong yang akan mundur sebagai kepala pelatih Timnas Indonesia membuat publik heboh.

Padahal, bersama Shin Tae-yong lah Timnas Indonesia mampu menorehkan deretan prestasi yang dibanggakan oleh masyarakat Tanah Air.

Seperti diketahui, pernyataan Shin Tae-yong yang mengancam dirinya akan mundur dari kursi pelatih Timnas Indonesia ini merupakan bentuk pembelaan terhadap Mochamad Iriawan.

Pembelaan tersebut didasari atas desakan publik terhadap Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, yang meminta mundur dari Ketua Umum PSSI.

Terlepas dari ancaman pengunduran diri, Shin Tae-yong telah menorehkan deretan prestasi bersama Timnas Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya sempat menggegerkan pencinta sepakbola Tanah Air.

Nah, berikut ini 6 prestasi istimewa Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia:

1. Runner-up Piala AFF 2020

Sebelum Shin Tae-yong melakukannya di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memang sudah lima kali finis runner-up di Piala AFF. Namun, pencapaian runner-up di Piala AFF 2020 terasa lebih istimewa ketimbang lima edisi lain.

Pertama, Shin Tae-yong mengandalkan mayoritas pemain muda, yang mana rata-rata usianya 23,6 tahun. Kemudian finis runner-up Piala AFF 2020 merupakan peningkatan hasil ketimbang saat turun di Piala AFF 2018. Di bawah kendali Bima Sakti, Timnas Indonesia tersingkir di fase grup Piala AFF 2018.

2. Naikkan Mental Pemain

Shin Tae-yong berkali-kali menegaskan mental merupakan salah satu faktor keberhasilan sebuah tim mencapai target. Karena itu, ketika Timnas Indonesia tiba di Kuwait, Shin Tae-yong langsung mencak-mencak setelah melihat Saddil Ramdani dan kawan-kawan memasang wajah murung.

3. Stamina Pemain Meningkat

Dulu pemain Timnas Indonesia dikenal hanya jago di 45 menit awal. Kemudian di 45 menit kedua, Timnas Indonesia kerap mengalami penurunan performa efek merosotnya stamina pemain.

Namun, hal itu tak terjadi di bawah arahan Shin Tae-yong. Juru taktik 52 tahun itu sering meminta para pemain Timnas Indonesia berlatih beban, sehingga otot dan stamina pemain meningkat.

4. Imbangi Tim-Tim Kuat

Sejak 2011, Timnas Indonesia tak pernah mengalahkan tim-tim asal Asia Barat yang bisa disebut sebagai momok bagi skuad Garuda. Namun, di tangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia tumbuh menjadi tim yang solid.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. Hebatnya, kemenangan dicetak di kandang lawan. Kemenangan itu merupakan yang pertama atas Kuwait dalam 42 tahun terakhir.

Sementara itu saat bersua Yordania, Timnas Indonesia memang kalah 0-1. Namun, skuad Garuda tampil solid dengan memberi perlawanan.

5. Lolos Piala Asia 2023

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Status ini disabet setelah Timnas Indonesia finis runner-up di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan koleksi enam angka.

Timnas Indonesia tercatat menang 2-1 atas Kuwait, kalah 0-1 dari Yordania dan menghajar Nepal 7-0. Pencapaian ini terhitung istimewa, mengingat sebelumnya Timnas Indonesia terakhir tampil di Piala Asia 2007.

6. Naik Posisi di Ranking FIFA

Berkat tangan dingin Shin Tae-yong, peringkat FIFA Timnas Indonesia pun meroket. Sebelum di bawah kendali Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berada di posisi 175.

Kemudian, Timnas Indonesia meroket hingga tembus ke peringkat 152 dengan 1033,9 poin.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut