get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, PKB Jabar Janji Tak Usung Incumbent yang Cederai Aspirasi Warga

Malam Ini, Gus Muhaimin Bakal Kukuhkan 4.000 Laskar Santri di Kabupaten Bogor

Minggu, 16 Oktober 2022 | 17:18 WIB
header img
Ketua Umum PKB sekaligus Panglima Santri Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin. (Foto: Istimewa)

BOGOR, INEWSBANDUNGRAYA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar bakal mengukuhkan 4.000 Laskar Santri Indonesia dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2022.

Pengukuhan itu dilakukan dalam gelaran Safari Panglima Santri Gus Muhaimin sapaan akrabnya, di Pondok Pesantren Ummul Quro Leuwiliang, Kabupaten Bogor, malam ini Minggu (16/10/2022).

Sebanyak 4.000 laskar santri ini terdiri dari 45 pesantren se-Kabupaten Bogor. Selain pengukuhan, Gus Muhaimin juga 
akan bersilaturahmi bersama para alim ulama dan pembacaan sholawat secara berjamaah.

Pimpinan Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Kyai Hasan Basri merasa bangga Kabupaten Bogor menjadi salah satu titik dalam lawatan Safari Panglima Santri ini.

Kyai Hasan menyebut Safari Panglima Santri dilakukan dalam Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022 mendatang.

"Ini bagian dari Gus Muhaimin selaku Panglima Santri untuk menyapa para santri di tanah air dalam rangkaian Peringatan Hari Santri 2022," kata Kyai Hasan Basri, dalam keterangan tertulisnya.

Kyai Hasan menerangkan santri dan pesantren telah mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai sejak pra kemerdekaan hingga saat ini, santri telah berperan mendorong kemajuan di berbagai bidang.

"Mulai dari pendidikan, kebudayaan, ekonomi, dan lainnya. Ini menunjukan bahwa santri dan pesantren telah berkontribusi dan punya saham besar di republik ini," katanya.

Namun demikian, dalam prosesnya santri dan pesantren sejauh ini hanya menjadi objek politik. Padahal dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada santri telah terbukti memiliki kemampuan memimpin bangsa.

"Karenanya santri dan pesantren ke depannya tidak hanya jadi objek dalam politik Indonesia tetapi lebih jauh lagi kita menjadi subjek dalam politik. Dan alhamdulillah ada sosok Gus Muhaimin yang merepresentasikan santri yang sudah siap berkontestasi dalam Pilpres 2022," ujar Kyai Hasan.

"Lewat PKB, Gus Muhaimin telah memberikan pengabdian terbaik untuk santri dan pesantren. Mulai dari lahirnya UU Pesantren, Perpres tentang Dana Abadi Pesantren, Penetapan Hari Santri Nasional. Karenanya kita semua berdoa cita-cita Gus Muhaimin dan kaum santri di Indonesia bisa terwujud," pungkasnya. 

 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut