get app
inews
Aa Read Next : Menkes Budi Ungkap Kebiasaan Sederhana yang Bikin Panjang Umur

Kabar Baik, Obat Gangguan Ginjal Akut pada Anak Sudah Ditemukan

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 16:27 WIB
header img
Ilustrasi gangguan ginjal akut pada anak. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Obat untuk kasus gangguan ginjal akut pada anak kini sudah ditemukan. Obat ini didatangkan dari Singapura dan sudah diuji coba ke pasien dengan hasil yang positif.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut, pihaknya akan segera memesan obat tersebut dalam jumlah banyak dan disebarluaskan ke seluruh rumah sakit di Indonesia.

"Sekarang udah ditemukan obatnya, RSCM sebagai tim ahli ginjal nasional kita datangkan obatnya dari singapura. Sudah tiba kita coba dari 6 pasien 4 positif repsonsif, jadi obat ini begitu kita lihat repsonsnya positif," ungkap Menkes Budi dalam keterangannya, Jumat (21/10/2022).

Menkes Budi mengatakan, untuk jumlah kasus saat ini sudah mencapai 200-an, hal ini juga menjadi dasar untuk memesan obat dalam jumlah banyak.

"Kita akan segera datangkan dalam jumlah cukup banyak agar bisa disebarkan di seluruh RS, karena ini kejadiannya sudah terindetifikasi di 20 prov di seluruh RI. Dengan total lebih dari 200 kasus," katanya.

Sejauh ini, gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia diduga karena obat sirup. Kedua kandungan tersebut bernama etilen glikol dan dietilen glikol.

Sehingga, para orang tua diimbau agar tidak memberikan obat secara sembarangan saat anak sakit.

"Kalau ada anak demam jangan langsung di kasih obat jadi harus hati-hati dalam pemberian obat dan dikonsultasikan ke dokter," ucap dr Lies Liastuti, Sp. JP(K), MARS, FIBA, Direktur Utama RSCM.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut