get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Film Aksi Ma Dong Seok sebagai Polisi, Bikin Tegang tapi Menghibur

Situasi Lagi Tak Baik, Kapolri Peringatkan Anggota Setop Pamer Gaya Hidup Mewah

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:29 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Repro)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali mengingatkan jajarannya untuk tidak lagi memamerkan gaya hidup mewah. Sebab Polri saat ini sedang menjadi sorotan publik.

Alasan Listyo mengutarakan ini lantaran masalah gaya hidup mewah sudah jadi atensi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Maka dari itu, anggotanya diminta untuk tidak memamerkan kekayaan di hadapan publik.

Kendati diakuinya, bisa saja kekayaan tersebut didapatkan dari keluarga yang bukan dari institusi Polri. Hanya saja, situasi ekonomi saat ini tengah dalam kondisi sulit.

"Masalah kebiasaan-kebiasaan menggunakan mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik," kata Listyo dikutip dari Twitter resminya @ListyoSigitP, Senin (24/10/2022).

"Saya tau, mungkin keluarga rekan-rekan juga berangkat dari orang berada, tapi saat ini bukan waktunya untuk dipamer-pamerkan. Sehingga kemudian risiko-risiko terkait dengan hal-hal seperti ini bisa dikurangi," lanjut Listyo.

Langkah yang bisa dilakukan anak buahnya itu semisal dalam agenda-agenda bersama pimpinan daerah. Listyo meminta jajarannya untuk tidak menggunakan kendaraan yang lebih mewah dari pimpinan daerah tersebut.

"Bupatinya pakai Innova, ya jangan kita pakai mobil yang lebih baik dari itu, samakan saja. Apalagi saat melakukan dinas disesuaikan," ujar Listyo.

Contoh kecil itu penting dilakukan agar Polri tidak terlihat mencolok di mata publik. Pasalnya, publik bisa saja menganggap hal itu suatu yang hedonis.

Walaupun sulit dilakukan, kata Listyo, bukan berarti hal itu dijadikan alasan untuk tetap memamerkan gaya hidup mewah. Terlebih beberapa di antara anggotanya memang berasal dari keluarga yang tingkat perekonomiannya terbilang tinggi.

"Memang sulit, tapi harus kita lakukan. Ingatkan keluarga kita, karena memang apapun yang terjadi dengan keluarga kita sorotannya tetap kepada anggota Polri. Sorotannya terhadap institusi Polri.," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi menyoroti gaya hidup anggota polisi saat memberikan arahan langsung di Istana Negara, Jakarta. Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan agar para pejabat tinggi Polri menyetop gaya hidup mewah serta memiliki kepekaan mengenai kondisi ekonomi saat ini.

"Sehingga saya ingatkan yang namanya Polres, Kapolres, yang namanya Kapolda, yang namanya seluruh pejabat utama, perwira tinggi, ngerem total masalah gaya hidup," ujar Jokowi. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut