get app
inews
Aa Read Next : Reaktivasi Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci Akan Dongkrak Pariwisata di Bandung Timur

Kebun Binatang Bandung, Tempat Wisata Andalan untuk Rekreasi di Kota Kembang

Rabu, 02 November 2022 | 21:08 WIB
header img
Kebun Binatang Bandung. (Foto: bandung.go.id)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kebun Bintang Bandung adalah salah satu tempat wisata andalan untuk rekreasi di Kota Bandung.

Di setiap akhir pekan atau libur panjang, Kebun Binatang Bandung ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan, baik dari warga Kota Kembang atau pun wisatawan dari luar daerah.

Dilansir dari berbagai sumber, Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo ini didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP) pada tahun 1930.

Bandung Zoo awalnya dikenal dengan nama Derenten atau dalam bahasa Sunda yaitu direntuin yang memiliki arti kebun binatang.

Pengesahan tempat wisata ini dilakukan langsung oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang dicantumkan dalam keputusan 12 April 1933 No.32. Namun, saat masa penjajahan Jepang, kebun binatang tidak terkelola dengan baik.

Akhirnya, atas inisiatif Raden Ema Bratakusumah, Bandung Zoological Park dibubarkan dan didirakanlah Yayasan Margasatwa Tamansari. Sampai saat ini, Bandung Zoo merupakan salah satu tempat wisata andalan untuk rekreasi.

Kebun Binatang Bandung ini memiliki luas hampir 14 hektar, disini pengunjung bisa melihat koleksi satwa lebih dari 800 individu mulai dari mamalia, aves, reptil, dan ikan.

Tidak hanya bisa melihat beragam koleksi satwa, Bandung Zoo pun memiliki fasilitas lainnya seperti Taman Bermain Anak, Wahana Tunggang (Gajah & Unta), Perahu Kayuh, dan lain-lain.

Salah satu yang paling menarik adalah Various Animal Show (pertunjukan satwa). Pertunjukan yang berlangsung di panggung utama ini menampilkan atraksi-atraksi menarik dari beberapa satwa diantaranya Burung Rangkon, Burung Kaka Tua Jambul Kuning, Anjing Pudel, dan Binturung.

Various Animal Show berlangsung pada Senin-Jumat (10.30 WIB), Sabtu-Minggu (10.30 & 14.30 WIB).

Selain itu, pengunjung dapat mengabadikan momen berwisata seru di Bandung Zoo dengan beberapa satwa seperti burung bayang, burung macau, burung elang brontok, burung kakatua, binturung, dan ular.

Ada juga kubah burung besar dengan tinggi 12,5 meter. Masuk melewati skywalk, di area kubah burung pengunjung diperbolehkan untuk memberikan makanan yang sudah disediakan oleh Bandung Zoo.

Untuk bisa berkunjung kesini dikenakan biaya sebesar Rp 40.000 (berlaku setiap hari). Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan Wahana Perahu Dayung dan Taman Bermain.

Jika membwa rombongan min. 30 orang, harga tiket masuk Rp 32. 500 (tidak berlaku di hari Minggu/libur nasional). Bandung Zoo menyediakan Zoo Educator (pemandu) jika pengunjung membutuhkannya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut