get app
inews
Aa Read Next : Polisi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dalam Peristiwa Km 64 Tol Bocimi Ambles

Rekomendasi 7 Tempat Wisata Akhir Pekan di Sukabumi, Ada Pantai Hingga Curug

Sabtu, 05 November 2022 | 08:52 WIB
header img
Wisata di Jembatan Gantung kawasan Situ Gunung (Foto : Instagram)

SUKABUMI, INEWSBANDUNGRAYA - Salah satu daerah yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga adalah Sukabumi. Pasalnya, Sukabumi memiliki beragam destinasi wisata yang cocok bareng kerabat atau keluarga.

Bagi publik yang belum, Sukabumi adalah salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alamnya. Mulai dari pemandangan curug hingga wisata pantai sambil menikmati sunset.

Bagi Anda yang masih bingung destinasi mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Di sini akan dibahas 7 rekomendasi wisata di Sukabumi.

Inilah deretan tempat wisata akhir pekan yang bisa jadi alternatif pilihan wisatawan jika ke sukabumi:

1. Pantai Ujung Genteng

Salah satu pantai yang terkenal dengan pasir putihnya adalah Pantai Ujung Genteng. Tempat ini bisa jadi masuk list pertama pilihan Anda berlibur bersama keluarga.

Selain menikmati keindahan sunset dan sunrise, Anda juga bisa sambil menikmati beragam kuliner laut. Satu lagi, jangan lupa kunjungi tempat penangkaran penyu.

2. Kawasan Wisata Situ Gunung

Setelah pantai, selanjutnya ada satu wisata alam yang menarik di Sukabumi. Tempat ini disebut kawasan Wisata Situ Gunung.

Anda dan keluarga akan langsung disuguhkan kesejukan alamnya ketika sampai ke tempat wisata tersebut.

Meskipun terkenal dengan suspension bridge atau jembatan yang cukup panjang, kawasan wisata Situ Gunung juga mempunyai danau, glamping, air terjun atau curug dan keranjang sultan.

Soal amunisi perut, Anda dan kerabat tak perlu khawatir. Fasilitas kantin maupun restoran sudah tersedia di sana. Selain itu banyak pula pedagang yang menjajakan beragam jajanan ringan.

3. Pemandian Air Panas Cikundul

Selanjutnya ada tempat healing yang cocok di pusat kota Sukabumi. Anda bisa mengunjungi pemandian air panas Cikundul.

Lokasi Air Panas Cikundul berada di sebelah Sungai Cimandiri yang juga merupakan lokasi favorit wisatawan untuk melakukan rafting. 

Di sana terdapat satu kolam air panas umum dan satu kolam air dingin umum. Kemudian ada juga beberapa kamar pemandian air panas pribadi serta penginapan. 

4. Taman Selabintana Sukabumi

Di tempat keempat ada taman Selabintana yang menawarkan hamparan rumput hijau dan pohon-pohon tinggi. Terkadang tempat ini dijadikan lokasi pra wedding maupun gathering bersama rekan kantor.

Taman Selabintana menyuguhkan hamparan rumput hijau, sehingga bagi yang membawa anak tak perlu khawatir untuk membiarkannya bermain dan berlari di sana.

Tiduran sambil menikmati birunya langit juga cocok di sini. Penat dan pusingnya rutinitas sehari-hari dijamin hilang seketika.

Pemandangan kebun teh juga bisa dinikmati jika Anda berkunjung ke sana.

5. Pantai Karang Hawu

Balik lagi ke pantai, Karang Hawu bisa jadi alternatif pilihan wisata pantai bersama keluarga.

Dari namanya saja sudah terlihat. Di pantai ini terdapat banyak batu karang dengan ukuran cukup besar. Pemandangan ombak yang menghantam karang menjadi salah satu daya tarik Pantai Karang Hawu.

Fasilitas di Pantai Karang Hawu bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari tempat makanan, ibadah, toilet dan lain sebagainya.

Pantai Karang Hawu berada di desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

6. Curug Cikaso

Salah satu destinasi alam terbaik versi Smiling West Java adalah Curug Cikaso. Curug tersebut sebenarnya mempunyai nama Curug Luhur, tetapi masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya Curug Cikaso, lantaran aliran air dari curug ini berasal dari anak sungai Cikaso.

Curug Cikaso masuk menjadi bagian Wisata Geopark Ciletuh. Curug itu terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan serta mempunyai ketinggian sekitar 80 meter serta lebar tebing 100 meter.

Di bawah Curug Cikaso terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Saat melihatnya, mungkin Anda akan merasa jika sedang berada di negeri dongeng.

Untuk sampai ke tempat wisata ini sangatlah mudah. Pertama Anda bisa masuk melalui akses ke Jalan Nasional Surade-Tegalbuleud dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Kendaraan roda dua maupun roda empat bisa masuk langsung ke area parkir.

Kemudian untuk melanjutkan masuk ke Curug Cikaso, Anda harus naik perahu dan menyusuri Sungai Cikaso dengan waktu kurang lebih 5-10 menit saja. Atau bisa juga lewat pematang sawah milik penduduk sekitar. 

Akan tetapi, disarankan jangan mengunjungi Curug Cikaso saat musim hujan.

7. Rafting Sungai Citarik

Sudah mengunjungi wisata alam, Anda sekarang bisa menikmati wisata air. Rafting bisa menjadi pilihan bagi yang suka memacu adrenalin atau tantangan.

Rafting sungai Citarik dapat menjadi pilihan. Wisata air tersebut cukup menantang dan masuk pada grade II-III, dengan panorama alam yang cukup eksotis.

Ada berbagai pilihan jarak tempuh rafting di sini yang dapat Anda pilih, yaitu 5 km, 9 km, dan 12 km dengan harga yang dibilang ekonomis.

Perlu diketahui, karakter Sungai Citarik sangat cocok buat Anda yang mengajak keluarga besarnya untuk liburan atau bersama rekan-rekan. 

Jeram sungai di Citarik tersebut tidak begitu deras, sehingga masih dapat diarungi oleh anak usia di bawah 10 tahun serta pemula.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut