get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Tuan Rumah Workshop Global ITU, Percepat Literasi Digital di Seluruh Dunia

Kominfo Kuatkan Peran Masyarakat Dalam Menggunakan Teknologi Digital

Jum'at, 11 November 2022 | 08:10 WIB
header img
peluncuran Massive Open Online Course atau MOOC Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Trans Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (10/11/2022).(Foto:Istimewa).

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI terus menguatkan peran masyarakat dalam menggunakan teknologi digital di kehidupan sehari-hari.

Hal itu ditandai dengan peluncuran Massive Open Online Course atau MOOC Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Trans Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (10/11/2022).

"Literasi digital penting agar masyarakat dapat menciptakan, mengelaborasi, mengomunikasikan, dan bekerja sesuai aturan etika, serta memahami penggunaan teknologi," kata Direktur Pemberdayaan Informatika pada Kominfo RI, Bonifasius Wahyu Pudjianto, di Trans Luxury Hotel, Bandung, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya, melalui Literasi Digital Nasional, masyarakat kesadaran masyarakat didorong untuk berpikir kritis terhadap berbagai dampak positif dan negatif yang mungkin terjadi akibat penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

"Literasi Digital Nasional juga memacu individu beralih dari konsumen informasi yang pasif menjadi produsen aktif, baik secara individu maupun sebagai bagian dari komunitas," katanya.

Boni mengatakan program Literasi Digital Nasional memiliki berbagai kelas daring dan pelatihan gratis untuk seluruh masyarakat. Sepanjang 2021, Literasi Digital Nasional telah menjangkau 12,5 juta masyarakat yang terliterasi secara digital.

"Ditargetkan dapat menjangkau 50 juta masyarakat yang terliterasi secara digital pada tahun 2024," ujarnya.

Sebagai dukungan untuk mencapai target tersebut, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika membagi segmentasi peserta menjadi tiga segmen, yakni komunitas, pendidikan, dan pemerintahan.

Pada Literasi Digital Sektor Pemerintahan, Kominfo membidik Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat pusat hingga daerah serta Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai target program.

Terkait, Massive Open Online Course (MOOC) Literasi Digital Sektor Pemerintahan, katanya, merupakan kolaborasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri dengan Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

"MOOC berada dalam Learning Management System (LMS) Sikuat Kemendagri sebagai pelatihan online bagi ASN Pusat hingga Daerah, TNI dan Polri yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun," kata Boni

Dalam program MOOC Literasi Digital Sektor Pemerintahan, Boni mengatakan, terdapat 4 materi utama yaitu Budaya Digital, Etika Digital, Keamanan Digital dan Keterampilan Digital.

"Diharapkan dengan kolaborasi ini semakin banyak ASN Pusat dan Daerah, TNI dan Polri yang dapat secara mandiri mengakses materi-materi Literasi Digital Sektor Pemerintahan," tandas Boni. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut