get app
inews
Aa Read Next : Hari Pertama Sekolah Siswa SD di KBB Belajar di Lapang, Tak Miliki Gedung Belajar

Damkar KBB Miliki Fire Truck dan Water Supply Tercanggih Gantikan Armada Lama

Rabu, 16 November 2022 | 19:58 WIB
header img
Armada fire truck dan water supply baru miliki Dinas Damkar dan Penyelamatan KBB yang ditempatkan di Pos Utama Mako Damkar Kota Baru Parahyangan untuk menggantikan armada yang sudah tua dan rusak. (Foto:InewsBandungraya.id)

BADNUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Empat unit kendaraan baru yang terdiri dari dua fire truck, satu mobil rescue, dan satu water supply menjadi amunisi baru bagi personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Armada baru itu akan menggantikan kendaraan lama yang sudah tua dan kondisinya tidak layak. Sehingga dengan adanya suntikan armada baru ini dipastikan pelayanan penanganan kebakaran jadi lebih maksimal. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, KBB, Meidi mengatakan, kendaraan unit baru ini merupakan pengadaan tahun ini dari APBD KBB. Total anggaran  untuk mendatangkan empat unit armada baru tersebut senilai Rp6,3 miliar.

"Armada baru yang sudah datang ini akan menggantikan peran kendaraan lama dan ditempatkan di Pos Utama Mako Damkar Kota Baru Parahyangan," ucapnya, Selasa (15/11/2022).

Meidi menyebutkan, empat unit armada yang dipesan masing-masing mobil komando/rescue, water supply, dan fire truck, semuanya memiliki spesifikasi dan dirancang khusus sesuai kebutuhan Damkar. Bahkan bisa jadi merupakan yang pertama dan terbaik se-Indonesia karena semua unit adalah keluaran terbaru. 

Pertimbangan armada baru itu ditempatkan di mako utama karena banyak kegiatan Damkar yang dilakukan di wilayah Padalarang, Ngamprah, dan Batujajar. Selain itu tiga wilayah tersebut merupakan kawasan perkotaan padat penduduk dan terdapat pusat perkantoran Pemda KBB yang perlu pengamanan. 

"Rencananya ke depan setiap hari kerja akan ditempatkan mobil rescue dan fire truck di kantor Pemda KBB. Setelah selesai jam kerja, kedua armada itu ditarik lagi ke Mako Damkar Kota Baru," imbuhnya. 

Menurutnya, kantor Pemda KBB di Ngamprah merupakan salah satu objek vital yang rawan terhadap kejadian kebakaran. Sehingga harus diantisipasi sejak awal dengan menyiapkan armada fire truck di kawasan kompleks kantor pemda. "Meski belum ideal tapi kehadiran armada baru ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat," tandasnya. 

Sebelum unit baru ini datang, Dinas Damkar dan Penyelamatan KBB hanya memiliki enam unit armada. Semua tersebar di Pos Lembang, Cililin, Cikalongwetan, dan Mako Damkar KBB di Kota Baru Parahyangan. Namun tiga kendaraan di antaranya sudah tidak layak jalan sehingga jarang dipakai. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut