get app
inews
Aa
Read Next : Lebaran 2024, Ketersediaan Pangan di Jabar Aman Meski Ada Kenaikan Harga

PMK Diprediksi Tak Akan Hilang hingga 2035, DKPP Jabar: Sanitasi dan Disinfektan Kunci Penanganan

Kamis, 24 November 2022 | 13:35 WIB
header img
Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar, Supriyanto. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat (DKPP Jabar) memprediksi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak belum akan hilang setidaknya hingga 2035.

Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya jumlah hewan ternak seiring tingkat konsumsi masyarakat yang juga tinggi, termasuk di Jawa Barat. 

Kabid Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar, Supriyanto mengatakan, kondisi tersebut berdasarkan peta jalan yang sudah disusun pemerintah pusat.

Menurutnya, jumlah hewan ternak di Jawa Barat mencapai 750 ribu. Pada sisi lain, tingkat kesadaran peternak akan kebersihan masih dirasa sangat kurang.

"Intinya pencegahan itu dari tingkat kebersihan," ucap Supriyanto saat menjadi pemateri dalam seminar Wartawan Pokja Gedung Sate dengan tema 'Jawa Barat Juara Menuju Bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)' di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (24/11/2022).

Supriyanto menjelaskan, penyebaran virus PMK sangat mudah terjadi, seperti melalui kandang, kendaraan saat perpindahan, dan petugas peternakan yang tidak mengutamakan kebersihan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut