get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Bandung Sabet Dua Penghargaan dari Kemenkes, Bukti Kualitas Layanan Kesehatan Baik

Ngeri, 3 Dari 19 Anak Ditemukan Positif Virus Polio Tanpa Gejala

Jum'at, 25 November 2022 | 09:59 WIB
header img
Virus polio ditemukan di Aceh. Foto: Ilustrasi Sindo

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemuka tiga anak yang positif virus polio tanpa gejala lumpuh layuh mendadak. Virus polio ini ditemukan Kemenkes di Kabupaten Pidie, Aceh, Kamis (24/11/2022).

Diketahui, penemuan virus tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan lanjut anak usia kurang dari lima tahun yang tinggal di sekitar kasus polio pada awal November 2022 lalu.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap 19 anak, didapati tiga anak positif virus polio,” kata Jubir Kemenkes, Muhammad Syahril dalam keterangannya.

Kendati demikian, Kemenkes berdasarkan pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO) tidak memasukkan ketiga ini dalam kriteria kasus. Alasannya, temuan ini tidak memenuhi kriteria adanya lumpuh layuh mendadak.

Namun, Syahril memastikan, pihaknya terus berupaya melakukan pemantauan. Termasuk upaya skrining dari rumah ke rumah guna memastikan tidak ada tambahan kasus lumpuh layuh yang belum terlaporkan.

"Penyakit Polio sangat berbahaya bagi anak lantaran dampaknya permanen seumur hidup, menyebabkan kelumpuhan serta belum ada obatnya," pungkasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut