get app
inews
Aa Read Next : 4 Spot Wisata Kuliner Malam di Bandung, Banyak Pilihan Makanan!

6 Rekomendasi Kuliner Tasikmalaya yang Paling Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba!

Sabtu, 26 November 2022 | 10:28 WIB
header img
Pecel Oranye Tasikmalaya. (Foto: Instagram @seputartasik)

TASIKMALAYA, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Salah satu hal yang bisa Anda nikmati saat berlibur di Tasikmalaya adalah wisata kulinernya.

Ya, Tasikmalaya bukan hanya terkenal dengan tempat wisata alamnya saja, tapi juga wisata kuliner yang patut dicoba.

Kuliner di Tasikmalaya ini masih mempertahankan cita rasa sejak zaman dahulu yang memadukan bumbu-bumbu yang diolah sedemikian rupa menjadi masakan khas.

Citarasa kuliner Tasikmalaya ada manis, pedas, asin dan gurih yang bercampur menjadi perpaduan nikmat. Penasaran wisata kuliner apa saja yang ada di Tasikmalaya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 tempat wisata kuliner wajib dicoba di Tasikmalaya:

1. Mie Baso Cicim

Mie baso Cicim adalah wisata kuliner yang wajib ada cicipi di Tasikmalaya. Kuliner satu ini terdiri dari baso sapi dan lacupan. Lacupan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dibuat menyerupai otak-otak.

Mie baso Cicim tersedia dalam dua pilihan, yaitu bakso yamin dan bakso kuah. Kedua varian tersebut memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Mie baso Cicim ini masuk dalam daftar tempat makan hits di Tasikmalaya.

Mie baso Cicim berlokasi di Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

2. Nasi Cikur Penyerutan

Nasi Cikur Penyerutan menjadi salah satu kuliner khas dari Tasikmalaya. Diperkirakan sudah buka sejak puluhan tahun lamanya, namun belum pasti kapan tahun pertama berdirinya.

Salah satu warung yang menyediakan nasi cikur ini ada di kedai Nyonya Iyen, berlokasi di jalan Panyerutan, Nagarawangi, Kecamatan, Cihideung, Tasikmalaya.

Rasa dan aroma nasi cikur ini begitu khas, apalagi disantap dengan aneka lauk pauk khas Sunda. Dalam bahasa Indonesia cikur artinya kencur.

3. Raja Sate Maranggi

Berlokasi di Taman Harapan No.5, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Sate Maranggi olahan sate khas Tasikmalaya ini terbuat dari daging sapi dengan potongan yang besar-besar. Daging sapi ditusuk kemudian di bakar lalu disiram dengan bumbu kecap.

Raja Sate Maranggi jadi salah satu restoran yang paling dikenal di kota Tasikmalaya. Rasanya nikmat, dagingnya empuk. Cocok disantap dengan lontong atau nasi hangat.

4. Pecel Oranye

Pecel Oranye ini termasuk kuliner legendaris lho di Tasikmalaya. Warung pecel ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada 1923.

Lokasinya berada di Jalan Empang, Tawang, Cihideung, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. Bumbu pecel di warung ini sangat khas, perpaduan rasa manis, gurih, asin dan asamnya bercampur menjadi satu.

5. Soto Ayam Patamuran

Berkunjung ke Tasikmalaya jangan sampai melewatkan menyantap soto ayam Patamuran. Lokasinya berada di Jalan Pataruman, Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya.

Warung makan soto ayam ini juga termasuk legendaris, yaitu buka sejak 1960-an. Di sini Anda bisa memilih jenis isian untuk sotonya ada paha, ceker, dada, ati ampela, kepala bahkan kulit.

Daging ayam kampung jadi ciri khas soto ayam Patamuran ini. Disiram dengan kuah soto yang kaya akan rempah. Disajikan selagi hangat, membuat hidangan ini semakin nikmat.

6. Bubur Haji Zaenal

Selanjutnya adalah bubur Haji Zaenal yang berlokasi di jalan R. Ikik Wiradikarta, Tawangsari, Kec. Tawang, Tasikmalaya. Makanan ini juga bagian dari kuliner legendaris Tasikmalaya, dibuka sejak 1969.

Bubur Haji Zaenal ini terdiri dari toping pelengkap diatas bubur ada suwiran daging ayam, ati ampela, daun bawang, cakwe, dan berambang goreng.

Semangkuk lengkap bubur ayam dibandrol mulai dari Rp15.000 sampai Rp20.000 saja.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut