Logo Network
Network

Rekomendasi 7 Makanan Enak dan Wajib Dicoba saat Liburan di Pangandaran

Rizal Fadillah
.
Senin, 28 November 2022 | 12:36 WIB
Rekomendasi 7 Makanan Enak dan Wajib Dicoba saat Liburan di Pangandaran
Seafood. (Foto: Pixabay)

PANGANDARAN, iNewsBandungRaya.id - Pangandaran menjadi salah satu tempat liburan favorit di Jawa Barat. Dengan suguhan pantainya yang indah, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu libur mereka di sana.

Setelah asik berwisata di pantai, saatnya untuk mengisi perut dengan makanan enak dan khas dari Pangandaran.

Ada banyak jenis makanan enak di Pangandran yang wajib untuk Anda coba.

Nah, berikut ini rekomendasi 7 makanan enak dan wajib dicoba saat liburan di Pangandaran, dirangum dari berbagai sumber:

1. Seafood

Main ke Pangandaran tidak lengkap jika tidak mencicipi lezatnya olahan seafood. Tak heran jika Pangandaran memiliki banyak olahan seafood, karena Pangandaran merupakan salah satu daerah penghasil ikan.

Anda bisa mencoba olahan seafood segar di beberapa rumah makan di dekat pantai. Seafoodnya beragam, mulai dari ikan, cumi-cumi, udang, kerang, dan lain-lain.

2. Sate Galunggung

Jika anda ke Pangandaran, jangan lupa untuk mampir ke Jalan Kidang Pananjung. Disini ada warung sate legendaris, yaitu Warung Sate Galunggung yang telah buka sejak 1970.

Sate ini terbuat dari daging ayam maupun daging kambing. Yang membedakan sate ini dengan sate lain adalah ukurannya yang cukup besar dengan bumbu yang pekat.

3. Soto Pangandaran

Soto Pangandaran memiliki isian yang melimpah, seperti mie bihun, kacang, bawang goreng, suwiran ayam, dan juga tauge. Setelah itu, isian tersebut akan disiram dengan kuah bening yang kaya akan cita rasa.

Uniknya, soto disini diberi taburan kerupuk berwarna pink. Kerupuk ini terbuat dari ikan tuna.

4. Pindang Gunung

Bahan utama dari makanan ini adalah ikan kakap dengan daging tebal. Ikan kakap ini diolah dengan berbagai bumbu dapur, seperti hoje, daun kedondong, daun ruku-ruku, dan lain-lain.

Tak heran jika kuah dari Pindang Gunung ini terasa segar dan penuh rempah. Rasanya juga sedikit pedas.

5. Tulang Jambal Roti

Seperti namanya, makanan khas Pangandaran yang satu ini terbuat dari tulang ikan. Tulang yang digunakan adalah tulang ikan asin yang masih ada sisa daging yang menempel.

Bahan ini lalu diolah dengan berbagai macam bumbu, tak lupa juga dicampur dengan cabai merah pedas dan petai agar rasanya makin nikmat. Banyak wisatawan yang menyukai kudapan ini, apalagi jika dimakan dengan nasi hangat.

6. Ikan Teri Tepung

Camilan yang satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Di daerah pantai Anda akan sangat mudah menemukan ikan teri yang diolah dengan tepung dan rasanya renyah serta gurih.

7. Opak dan Rengginang Pangandaran

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh khas Pangandaran, mungkin anda bisa mencoba untuk membeli opak dan rengginang asli Pangandaran.

Opak dan rengginang ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa gurih. Tak hanya itu, opak dan rengginang ini memiliki rasa khas, yaitu rasa terasi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini